Mahyeldi Motivasi Siswa SKKN 7 Padang jadi Pelopor Pariwisata Bidang Perfilman

Rabu, 21 September 2022, 09:17 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Mahyeldi Motivasi Siswa SKKN 7 Padang jadi Pelopor Pariwisata Bidang Perfilman
Pemukulan alat musik tradisional talempong oleh Mahyeldi dan Yuliandre Darwis menandai FGD yang digelar KPID Sumbar di SMKN 7 Padang, Selasa. (humas)

PADANG (20/9/2022) -Sebagai satu-satunya sekolah di Sumatera dengan kompetensi seni pertunjukan, SMKN 7 Padang diharapkan mampu jadi sekolah rujukan serta melahirkan lulusan yang berkompeten menciptakan konten-konten edukatif menyongsong munculnya banyak kanal penyiaran pasca peralihan siaran analog ke digital.

"Selain itu, SMKN 7 diminta juga bisa jadi pelopor kebangkitan wisata Sumbar dari sisi perfilman," ungkap Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dalam sambutannya saat membuka focus group discussion (FGD) dengan tema "Penyiaran Sehat untuk Pelajar Sumbar" yang ditaja Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar, di Aula SMKN 7, Jl Cangkeh, Padang, Selasa.

Menurut Mahydi, sudah menjadi tugas Komisi Penyiaran Indonesia menghadirkan penyiaran yang sehat. Penyiaran yang sehat penting dan menjadi dasar pembentukkan karakter anak bangsa. Apalagi ditengah gempuran konten negatif dan kurang mendidik yang banyak muncul di berbagai media.

"Hari ini KPI dan KPID hadir di SMKN 7 untuk mengajak dan mensosialisasikan tentang apa itu penyiaran yang sehat. Pilihan di SMKN 7 sangat tepat, terutama terkait perfilman," ungkap dia.

Baca juga: Sandiaga Uno Buka Sumarak Ramadhan, Mahyeldi: Pemprov Komit Perkuat Industri Pariwisata Halal

"Sebab, ada jurusan broadcasting dengan konsentrasi perfilman dan penyiaran. Ini kesempatan emas untuk menghadirkan konten dan film yang edukatif. Film merupakan media paling efektif dalam menyampaikan pesan," tambahnya.

Untuk memacu kreativitas siswa, Mahyeldi juga meminta agar digelar perlombaan video pendek atau konten menarik dan mengandung pesan edukasi.

Selain itu, kepada kepala sekolah juga diminta untuk menjalin komunikasi dengan perantau di luar negeri yang sebenarnya rindu dengan nilai-nilai kebudayaan Minangkabau, sehingga siswa bisa berpeluang tampil di luar negeri.

Ketua KPID Sumbar, Dasrul menyebut, kegiatan ini sengaja digelar di SMKN 7 karena potensi yang dimiliki sekolah ini sangat cocok untuk pengembangan penyiaran yang sehat sekaligus pengembangan industri kreatif.

Baca juga: Gedung Halal Tourism Hub Buya Hamka 50 Persen Rampung, Pengelolaan melalui Skema Wakaf

Hal senada juga disampaikan Kepala SMKN 7 Thaharudin. Menurutnya, SMKN 7 dengan kompetensi yang dimiliki siap mendukung program unggulan Pemprov Sumbar mencetak milenial dan women entrepreneur.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: