Alni, Beni dan Khadafi Dilantik jadi Komisioner Bawaslu Sumbar, Ini Pesan Rahmat Bagja

Rabu, 21 September 2022, 17:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Alni, Beni dan Khadafi Dilantik jadi Komisioner Bawaslu Sumbar, Ini Pesan Rahmat Bagja
Tiga orang komisioner Bawaslu Sumbar periode 2022-2027 usai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota Bawaslu Provinsi Masa Jabatan 2022-2027 di Jakarta. (Ka-Ki), Muhammad Khadafi, Benni Azis dan Alni.

JAKARTA (21/9/2022) - Tiga orang komisioner Bawaslu Sumatera Barat periode 2022-2027 dilantik Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja didampingi empat anggota Bawaslu lainnya, Lolly Suhenty, Herwyn JH Malonda, Totok Hariyono dan Puadi, Rabu siang.

Total sebanyak 72 komisioner dilantik yang berasal dari Bawaslu 24 provinsi di Indonesia, yang menggelar pemilihan di tahun 2022 ini. Tiga komisioner Bawaslu Sumbar yang dilantik siang tadi yakni Alni, Benny Azis dan Muhammad Khadafi.

"Anggota Bawaslu provinsi terpilih, mesti menjaga hubungan baik dengan sesama penyelenggara tanpa melanggar undang-undang yang berlaku. Kita (Bawaslu, KPU dan DKPP-red) harus jadi keluarga besar penyelenggara pemilu," pesan Bagja pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota Bawaslu Provinsi Masa Jabatan 2022-2027 di Jakarta.

Dikesempatan itu, Bagja juga mengatakan, Bawaslu, KPU dan DKPP merupakan tiga penyelenggara pemilu untuk menyukseskan pemilu di Indonesia.

Baca juga: Rumah Kelahiran Buya Hamka jadi Simbol Deklarasi Kampung Pengawasan Partisipatif Bawaslu Agam

"Ke depan Bawaslu, KPU dan DKPP akan lebih baik lagi," ujarnya.

Sebagai informasi, tim seleksi (Timsel) anggota Bawaslu Provinsi di 25 provinsi mencatat sebanyak 2.815 orang yang mendaftar.

Hasilnya, sekitar 2.348 orang lolos seleksi administrasi dan dapat mengikuti seleksi tertulis dan tes psikologi. Dilanjutkan dengan tes tertulis dan wawancara yang dilakukan Timsel.

Lalu, 20 Agustus 2022, tim seleksi menyerahkan 150 nama calon anggota Bawaslu dari 25 provinsi untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan oleh Bawaslu RI.

Baca juga: Bawaslu Tanah Datar Gelar Rakor Pengawasan DPTb dan DPK, Ini Arahan Muhammad Khadafi

Selanjutnya, dari 150 orang tersebut ditetapkan 75 orang sebagai anggota Bawaslu provinsi. Sedangkan untuk tiga anggota Bawaslu provinsi DKI, akan dilantik pada 16 Oktober mendatang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: