Dua Unit Huntara Hanyut Akibat Meluapnya Batang Limpato Nagari Kajai

Rabu, 21 September 2022, 21:20 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Dua Unit Huntara Hanyut Akibat Meluapnya Batang Limpato Nagari Kajai
Kendaraan roda empat melintas dengan hati-hati di jalanan Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, akibat meluapnya Batang Limpato akibat hujan lebat sejak Rabu siang. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (21/9/2022) - Batang Limpato di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, meluap akibat hujan lebat sejak Rabu siang. Luapan air merendam sejumlah rumah warga karena tingginya curah hujan hingga sore hari.

"Saat ini, sekitar 15 orang petugas telah turun ke lokasi banjir bersama Basarnas dan pihak lainnya memberikan bantuan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Azhar.

Menurutnya, luapan air Batang Limpato meluber hingga ke badan jalan sehingga mengganggu akses transportasi di daerah itu.

"Air sungai yang meluap, juga mengakibatkan dua unit Huntara hanyut. Rumah warga terendam air setinggi 50-60 centimeter. Saat ini, petugas masih di lapangan dan memberikan bantuan serta mendata rumah yang terdampak luapan air sungai," katanya.

Baca juga: Batang Limpato Meluap, Puluhan Ruman Terendam, Satu Unit Rumah Diterjang Longsor

BPBD juga menurunkan perahu karet, untuk memberikan bantuan kepada warga yang terdampak luapan air sungai.

Ia menyebutkan, dengan meluapnya air ke badan jalan, sepeda motor tidak bisa melintas jalan itu karena derasnya arus air yang meluap.

Sedangkan untuk roda empat, masih bisa melalui jalan itu namun harus dipandu warga dan perlu kehati-hatian pengendara.

"Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa," katanya.

Baca juga: Korban Banjir Jorong Limpato Dibantu Sembako

BPBD juga menurunkan sejumlah personil memantau aliran sungai yang ada karena dikhawatirkan sungai yang ada akan meluap.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: