Nagari Lubuak Batingkok jadi Desa Digital Pertama di Sumatera

Kamis, 22 September 2022, 11:55 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Nagari Lubuak Batingkok jadi Desa Digital Pertama di Sumatera
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menerima cenderamata dari Muhammad Ihsan (GM PT Telkom Witel Sumbar) pada peluncuran aplikasi SimpleDesa dari Smart Village Nusantara (SVN) PT Telkom Indonesia di Nagari Lubuak Batingkok, Rabu. (humas)

LIMAPULUH KOTA (21/9/2022) - Nagari Lubuak Batingkok, Kecamatan Harau jadi 'Desa Digital' pertama di Pulau Sumatera yang menggunakan aplikasi SimpleDesa dari Smart Village Nusantara (SVN) PT Telkom Indonesia.

Aplikasi ini untuk menunjang kinerja pemerintahan nagari atau desa berbasis cloud.

Peresmian yang mengambil tema 'Nagari Madani, Lubuak Batingkok Berinovasi' itu dipusatkan di kawasan wisata Kilalang, Jorong Tigo Balai. Dalam kesempatan yang sama, Nagari Lubuak Batingkok juga diresmikan sebagai Nagari Wisata Digital.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pelepasan balon oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, Rabu.

Ikut hadir mendampingi gubernur, Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra, General Manager PT Telkom Witel Sumbar, Muhammad Ihsan, Camat Harau dan Wali Nagari Lubuak Batingkok, Yon Elvi.

Dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti nagari wisata dan nagari digital serta penanaman bibit pohon durian oleh Mahyeldi, di kawasan wisata yang telah mendapat piagam penghargaan sebagai 300 Besar Desa Wisata, dalam Anugrah Desa Wisata Indonesia tahun 2021 tersebut.

Dalam sambutannya, Mahyeldi mengapresiasi PT Telkom Indonesia menjadikan Nagari Lubuak Batingkok sebagai nagari pertama di Sumatera untuk peluncuran Smart Village Nusantara.

Program tersebut sangat mendukung visi dan misi Pemerintah Provinsi Sumbar dalam hal menghadirkan wisata nagari dan juga digitalisasi.

"Ini satu hal positif. Sudah sangat jelas banyak sekali manfaat digitalisasi di nagari. Lubuak Batingkok menjadi terbuka aksesnya ke dunia luar," ungkap Mahyeldi.

"Selain itu juga akan membuka peluang bisnis dengan lebih mudah, murah dan cepat," tambahnya.

Apalagi, menurut Mahyeldi, Nagari Lubuak Batingkok memiliki banyak potensi wisata unik, kuliner khas, wisata edukasi maupun sejarah.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: