Harlah ke-112 Ponpes Parabek, Ini Garapan Bupati Agam

Al Imran | Kamis, 22-09-2022 | 12:14 WIB | 108 klik | Kab. Agam
<p>Harlah ke-112 Ponpes Parabek, Ini Garapan Bupati Agam<p>

Asisten III Setdakab Agam, Andrinaldi memberikan sambutan pada perayaan Milad ke-112 Ponpes Sumatera Thawalib Parabek, Rabu. (humas)

AGAM (21/9/2022) - Asisten III Setdakab Agam, Andrinaldi menilai, Ponpes Sumatera Thawalib Parabek merupakan salah satu pondok unggulan di Agam.

Di usia ke-112 ini, ia berharap, Ponpes Sumatera Thawalib Parabek terus tumbuh, maju dan berkembang serta dapat berkontribusi secara nyata untuk kemajuan bangsa.

"Ponpes Sumatera Thawalib Parabek tidak sebatas menciptakan manusia cerdas secara intelektual, tapi diharapkannya mampu ciptakan generasi yang bertaqwa, beramal saleh, berbudi luhur, berbadan sehat, berpengalaman luas, berpemikiran bebas, berwirausaha dan cinta tanah air," ungkap Adrinaldi.


Hadir pada milad Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek ke-112 di Banuhampu, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Dia berharap, santri di Ponpes Parabek betul-betul menjadi manusia yang cerdas, berkarakter dan hebat ke depannya.

Ia menyadari, Sumatera Thawalib Parabek telah banyak berkontribusi dalam memajukan dan mengembangkan dunia pendidikan di negeri ini.

Bahkan telah membuktikan diri yang mampu berkiprah baik di bidang keagamaan, pemerintahan, ekonomi, sisoal budaya maupun lainnya.

"Semoga Sumatera Thawalib Parabek senantiasa menjadi pondok unggulan baik di provinsi maupun nasional, yang tegak lurus mendukung visi misi pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas SDM ke depan," harapnya.

Harapan besar disampaikannya, dari Sumatera Thawalib Parabek banyak muncul generasi andal yang akan jadi pemimpin umat di masa mendatang.

"Apalagi dilihat secara historis, Sumatera Thawalib Parabek miliki pengalaman luar biasa dalam membina dan mengembangkan umat. Bahkan mampu jadi pelopor sekaligus inspirator pembangkit moral anak bangsa," terangnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Syekh Ibrahim Musa Parabek, Warsul Anwar menyebutkan, Ponpes Sumatera Thawalib Parabek kini miliki tiga lembaga pendidikan formal seperti Tsanawiyah, Aliyah dan Ma'had Aly.

"Khusus Ma'had Aly kita sudah meluluskan mahasantri dua angkatan," katanya.

Selain itu, katanya, juga dilaksanakan pendidikan non formal seperti pelatihan 1.000 Da'i, sudah tiga angkatan yang bekerja sama dengan beberapa bank.

"Angkatan ketiga ini diikuti sekitar 44 orang, berasal dari 13 provinsi. Ada dari NTT bahkan Papua, semoga usaha untuk mensyiarkan Islam ini bisa terus berkembang," terangnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar