Ketua Umum Dekranas Kunjungi Stand Sumatera Barat di Pameran Kriyanusa

Kamis, 22 September 2022, 17:00 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Ketua Umum Dekranas Kunjungi Stand Sumatera Barat di Pameran Kriyanusa
Ketua Umum Dekranas, Wury Ma'ruf Amin disambut Ketua TP-PKK Sumbar, Harneli Bahar saat mengunjungi stand Kerajinan Provinsi Sumatera Barat pada Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) Tahun 2022, di Jakarta, Rabu. (humas)

JAKARTA (21/9/2022) - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Wury Ma'ruf Amin kunjungi stand Kerajinan Provinsi Sumatera Barat, pada Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) Tahun 2022.

Pameran yang dibuka Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu itu, Wury tampak didampingi Dewan Kehormatan Dekranas, Mufidah Jusuf Kalla. Pameran bertajuk Semangat Bertahan Pengrajin Berdaya Saing ini, diikuti 143 peserta dari 34 provinsi di Tanah Air.

Kehadiran Wury dan Mufidah, disambut Ketua TP-PKK Sumbar, Harneli Bahar. Pada kunjungan tersebut Ummi Harneli menyampaikan pada pameran ini Sumatera Barat memiliki 4 stand.

Yaitu stand Dekranasda Provinsi Sumatera Barat, Dekranasda Kabupaten Solok, Dekranasda Kota Bukittinggi dan Dekranasda Kota Padang.

Baca juga: IBangga Sumbar Capai Angka 60,99 Persen, Masuk Kategori Sedang

"Pada pameran kerajinan nusantara ini stand dari Sumatera Barat menampilkan beberapa kerajinan khas, di antaranya tas rajut, songket khas Sumbar, salendang Koto Gadang, mukenah khas Sumbar dan bahan kebaya bordir dan bahan baju kurung khas Minangkabau," ungkap Harneli.

Sebelumnya, Wury Ma'ruf Amin dalam sambutannya mengatakan, pameran ini sebagai salah satu perwujudan dari produk-produk kriya buatan dalam negeri.

Produk tersebut memiliki aspek budaya untuk dapat diperlihatkan dan diapresiasi oleh masyarakat luas, serta harus dikembangkan lebih lanjut sebagai komoditas industri yang memiliki daya saing dan bernilai ekonomi tinggi.

Melalui pameran ini, Wury berharap, peserta dapat mempromosikan karyanya secara aktif. Menurutnya, produk kriya Indonesia dapat diterima, tidak hanya di pasar domestik tetapi juga di pasar global karena dinilai memiliki daya saing yang tinggi. (kyo)

Baca juga: Yenita Dikukuhkan jadi Ketua SOIna Kabupaten Agam

Baca juga: Bukittinggi jadi Tuan Rumah Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi XX

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: