Populasi Penduduk Muslim Besar, Nevi: BSI Potensi jadi Bank Terbesar di Indonesia

Kamis, 22 September 2022, 17:09 WIB | Bisnis | Nasional
Populasi Penduduk Muslim Besar, Nevi: BSI Potensi jadi Bank Terbesar di Indonesia
Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina.

JAKARTA (22/9/2022) - Anggota Komisi VI DPR, Nevi Zuairina mengungkapkan, berdasarkan laporan The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC), setidaknya terdapat 231,06 juta penduduk muslim di Indonesia.

"Ini jadi kapital market yang sangat potensial bagi BSI, sehingga ketika jadi kepercayaan masyarakat, boleh jadi bukan sekadar bank terbesar di sektor syariah, akan tetapi jadi bank terbesar di Indonesia secara keseluruhan," ungkap Nevi pada rapat dengar pendapat antara Komisi VI DPR RI dengan manajemen BSI, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan Nevi, sebagai bentuk dukungan terhadap PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang sedang mengupayakan jadi bank syariah terbesar di Indonesia.

"Saya mempertanyakan apa langkah dan strategi BSI untuk menaruh kepercayaan masyarakat terhadap bank syariah di Indonesia, sehingga bank ini terus berkembang untuk jadi yang terbesar di Indonesia," ungkap Nevi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Website Penghasil Uang Terpercaya! Cuan Hingga Rp5 Miliar/bulan

Namun demikian, terang dia, kenyataan peringkat bank syariah di Indonesia masih berada jauh dibawah negara tetangga Malaysia.

Berdasarkan info dari theasianbanker.com, Maybank Islamic bank syariah asal negeri jiran itu, menempati posisi nomor 4 bank syariah terbesar di dunia tahun 2021 dengan aset yang dimiliki sebesar USD 63,5 miliar atau sekitar Rp920,75 triliun di 2021.

Berkaitan dengan regulasi yang berlaku di tanah air, legislator asal Sumatera Barat II ini meminta Kementerian BUMN agar mengawal dengan ketat dan memastikan proses status BSI menjadi BUMN sesuai ketentuan Perundang-undangan yang berlaku.

Merujuk UU Perbankan Syariah No 21 Tahun 2008, Nevi mengingatkan, bank syariah memiliki peran sosial, selain peran komersil yang dimilikinya.

Baca juga: Freelance: Cara Cepat Hasilkan Uang dari Internet, 100 Dolar/hari!

Politisi PKS ini menyampaikan, agar BSI dapat segera memperkuat kultur perusahaan dimana sebelumnya, bank pemerintah ini memiliki budaya masing-masing dari tiga perusahaan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: