SAR Mentawai Gelar Pelatihan Pertolongan Permukaan Air

Al Imran | Jumat, 23-09-2022 | 09:11 WIB | 122 klik | Kab. Mentawai
<p>SAR Mentawai Gelar Pelatihan Pertolongan Permukaan Air<p>

Asisten II Mentawai, Lahmudin Siregar foto bersama peserta pelatihan teknis pertolongan di permukaan air (water rescue) di aula Hotel Turonia Km 6 Tua Pejat, Kamis. (daniwarti)

MENTAWAI (22/9/2022) - Badan SAR Nasional Kabupaten Kepulauan Mentawai mengadakan pelatihan teknis pertolongan di permukaan air (water rescue) selama 1 pekan.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Pj Bupati yang diwakili Asisten II Mentawai, Lahmudin Siregar di aula Hotel Turonia Km 6 Tua Pejat, Kamis.

Bupati dalam sambutannya yang disampaikan Lahmudin Siregar mengatakan, keberadaan potensi SAR baik Sumber Daya Manusia dan sarana serta prasarana yang terdiri dari unsur TNI/Polri, Instansi, Organisasi diharapkan mampu meminimalisir Respon Time dalam penanganan kecelakaan, bencana maupun kondisi yang membahayakan manusia.


Dikatakan, peran serta potensi SAR ini dapat terlihat dari kearifan dan keikutsertaan ketika terjadi kecelakaan baik pelayaran maupun penerbangan, bencana maupun kondisi yang membahayakan manusia yang sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

"Kondisi ini yang mendasari perlunya diadakan pertemuan dan lokakarya pencarian dan pertolongan, pembinaan dan pengendalian, potensi SAR dalam rangka operasi pencarian dan pertolongan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai," ungkap Lahmudin.

Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu adanya pelatihan teknis potensi SAR Pertolongan di Permukaan Air yang berkelanjutan dan terukur untuk menunjang kelancaran pelayanan khususnya di bidang operasi SAR sebagai Unit Pelaksana Teknis Badan Nasional Pertolongan.

Pada kesempatan itu, Lahmudin mengharapkan, ini dapat jadi wadah menyatukan ide dan gagasan dalam rangka penyelengaraan Operasi Pencarian dan Pertolongan secara lebih profesional dan bersinergi.

"Harapan saya kedepan, eksistensi potensi SAR khususnya yang berada di Mentawai tetap dapat terus berperan aktif dalam meningkatkan kualitas diri sekaligus memberikan pelayanan dengan bersinergi kepada unit-unit Pelaksana Teknis yang bertanggungjawab khususnya dalam pencarian dan pertolongan," ungkap dia. (dni)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar