Satupena Kunjungi Kapus PSDM dan Sekda Padang Panjang

Sejumlah Delegasi Asing Telah Mengonfirmasi Hadir di Ajang IMLF

Al Imran | Jumat, 23-09-2022 | 22:04 WIB | 144 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Sejumlah Delegasi Asing Telah Mengonfirmasi Hadir di Ajang IMLF<p>

Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi, Sarjayadi foto bersama usai beraudiensi dengan Ketua Satupena Sumbar, Sastri Bakry dan pengurus lainnya di Bukittinggi, Jumat.

BUKITTINGGI (23/9/2022) - Pelaksanaan Internasional Minangkabau Literacy Festival (IMLF) yang bakal digelar 22-27 Februari 2023 mendatang, perlu dukungan berbagai pihak sehingga iven ini bisa semaksimalnya memberikan manfaat. Tidak saja peserta yang mengikuti IMLF, tapi juga masyarakat sekitarnya.

Demikian diungkapkan Ketua Satupena Sumbar, Sastri Bakry, saat menemui Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional Bukittinggi, Sarjayadi, di ruang kerjanya, Jumat.

Dikatakan Sastri Bakry, Satupena Sumbar menggelar IMLF yang dipusatkan di komplek PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi.


"Karena itu, dukungan penuh dari PPSDM Kemendagri sangatlah penting demi kelancaran kegiatan IMLF," kata Sastri Bakry yang didampingi Sekretaris IMLF Armaidi Tanjung, Wakil Ketua Hasanuddin, Yurnaldi dan Ediwar Dt. Kayo.

Menurut Sastri Bakri, berbagai kegiatan digelar pada IMLF tersebut. Seperti seminar, diskusi paralel dan berbagi pengalaman tentang berbagai topik terkait literasi, workshop kepenulisan (penulisan akademik dan penulisan kreatif), pemeran buku (bookfair), kuliner (foodfair), pertunjukan kesenian dan pelancongan ke berbagai objek wisata.

"Peserta IMLF antara lain dari komunitas Satupena seluruh Indonesia, satrawan, budayawan, seniman dari berbagai negara, profesional terkait literasi, seperti dosen, guru, pustakawan, arsiparis, sejarawan, filolog dan lain-lain."

"Penggiat literasi seperti pengelola rumah baca, taman bacaan masyarakat dan sejenisnya, penerbit dan pengelola media, Aparatur Sipil Negara yang mengemban jabatan struktural dan fungsional terkait literasi," tambahnya.

"Delegasi dari negara asing yang diundang Australia, Belanda, Brunei Darussalam, China, Kamboja, Malaysia, Thailand, Singapura, Rusia, Aljazair dan Zimbabwe. Sebagian dari mereka sudah menyatakan kesediaan hadir di IMLF. Kegiatan IMLF juga melibatkan siswa, mahasiswa, sekolah dan komunitas lainnya," ungkap Sastri.

Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi, Sarjayadi menyambut baik kegiatan IMLF yang dipusatkan di PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi.

"Mudah-mudahan kita siap memfasilitasinya sesuai dengan kondisi yang ada sehingga kegiatan tersebut bisa berjalan sukses dan lancar," tutur Sarjayadi.

Usai bertemu Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi, dilanjutkan beraudiensi dengan Sekretaris Daerah Padang Panjang, Sonny BP.

Sekretaris IMLF Armaidi Tanjung menyampaikan delegasi IMLF pada hari kedua dari Padang melewati Kota Padang Panjang. Semua delegasi akan dibawa ke Pusat Dokumentasi dan Informasi Minangkabau (PDIKM) Padang Panjang untuk melihat langsung PDIKM.

Usai dari PDIKM, dilanjutkan silaturrahmi dengan Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran untuk mendengarkan paparan pembangunan Kota Padang Panjang.

Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang, Sonny BP menyambut baik kehadiran Satupena Sumbar yang akan melaksanakan IMLF.

"Insya Allah, kita sampaikan kepada Walikota Padang Panjang terkait dengan kunjungan delegasi IMLF tersebut nantinya," kata Sonny. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar