Kendalikan Inflasi di Padang, Hendri Septa Tanam Cabai di Rutan Anak Aie

Sabtu, 24 September 2022, 16:23 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Kendalikan Inflasi di Padang, Hendri Septa Tanam Cabai di Rutan Anak Aie
Wako Padang, Hendri Septa bersama Kakanwil Kemenkumham Sumbar, R Andika Dwi Prasetya dan Kepala Rutan Kelas IIB Anak Aie, Muhammad Mehdi lakukan penanaman bibit cabai di Komplek Rutan Kelas IIB Anak Aie, Jumat siang. (humas)

PADANG (23/9/2022) - Wali Kota Padang, Hendri Septa lakukan penanaman cabai di Komplek Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Anak Aie, Padang, Jumat siang. Gerakan Menanam Cabai ini dalam rangka mengendalikan inflasi yang salah satunya disebabkan oleh komoditi pedas tersebut.

Penanaman bibit cabai ini, dilakukan usai bertindak sebagai khatib dan imam salat Jumat di Masjid Baitul Anshar, komplek Rutan Anak Aie. Sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang pun ikut mendampingi.

"Alhamdulillah, hari ini saya bersama Kakanwil Kemenkumham Sumbar, Bapak R Andika Dwi Prasetya dan Kepala Rutan Kelas IIB Anak Aie, Bapak Muhammad Mehdi menanam bibit cabai di Komplek Rutan Kelas IIB Anak Aie ini. Ini merupakan upaya bersama, menekan laju inflasi," ungkap Hendri pada wartawan usai penanaman.

Dia membeberkan, upaya Gerakan Menanam Cabai ini adalah upaya untuk jangka panjang sebagaimana diharapkan seluruh masyarakat bisa mandiri menanam cabai baik di polybag atau di lahan yang tersedia di pekarangan rumah masing-masing.

Baca juga: BI Sumbar Gelar Silaturahmi Idul Fitri, Gubernur: Bencana Alam Pengaruhi Inflasi

"Kita sama-sama tahu, cabai adalah bahan pokok yang penting dan diminati bagi siapa saja. Apabila terjadi berbagai persoalan yang memicu kenaikan harganya tentu menyebabkan terjadinya inflasi," ungkap dia.

"Maka itu, salah satu langkah dan upaya yang mesti kita lakukan adalah melalui gerakan menanam cabai ini. Masyarakat bisa menanam secara mandiri dan menikmati hasil panennya," tambahnya.

Hendri mengaku, dalam mengendalikan inflasi pihaknya juga telah melakukan operasi pasar. Upaya tersebut guna membantu masyarakat, agar tidak terlalu terdampak ketika membeli cabai ataupun komoditi pangan lainnya yang harganya melonjak naik.

"Harga cabai memang sempat melambung naik mencapai Rp100 ribu per kg-nya. Kondisi itu pun menyebabkan inflasi karena ketidakstabilan harga bahan pokok tersebut," ungkap Hendri.

Baca juga: Kendalikan Inflasi, Gubernur Sumbar Kumpulkan TPID, Tinjau Gudang Bulog dan Cek Harga Sembako

"Alhamdulillah, berdasarkan informasi yang saya terima di dalam dua minggu terakhir, harganya kembali turun jadi Rp70 ribu per kg. Kita hanya berharap, semoga harga cabai ini tetap stabil, begitu pula bahan pokok lainnya," ujar dia.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: