Belasan Website Bawaslu di Sumbar Diretas, Benny Aziz: Data masih Aman

Al Imran | Sabtu, 24-09-2022 | 17:13 WIB | 572 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Belasan Website Bawaslu di Sumbar Diretas, Benny Aziz: Data masih Aman<p>

Ketua Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Sumbar, Benny Aziz.

PADANG (24/9/2022) - Sejumlah website Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Sumatera Barat dibajak. Pembajaknya, 'Banyumas Cyber Team' dan 'Javanese Team.'

"Laporan yang masuk ke provinsi, pembajakan ini telah berlangsung sejak sejak tanggal 22 September 2022 lalu. Waktu itu, ada 4 webiste Bawaslu kabupaten/kota di Sumbar yang dibajak. Kemudian, jumlah terus bertambah hingga hari ini," ungkap Ketua Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Sumbar, Benny Aziz saat dihubungi per telepon, Sabtu sore.

Dikatakan Benny, upaya perbaikan terus dilakukan team IT dari Bawaslu Sumatera Barat dengan melibatkan tenaga operator di tingkat kabupaten/kota. "Peristiwa pembajakan ini, telah kita laporkan juga ke Bawaslu RI," ungkap Benny.


Berapa jumlah webiste yang dibajak, Benny Aziz mengaku, tak mengetahui jumlah persisnya. Menurutnya, jumlahnya ada belasan website yang dibajak.

"Data pastinya dipegang Ketua Divisi Data dan Informasi (Datin)," ungkap Benny yang mengaku tengah berada di pesawat, balik ke Padang usai melaksanakan orientasi tugas di Bawaslu RI.

Sementara, Ketua Divisi Datin Bawaslu Sumbar, Elly Yanti, tak bisa dihubungi pada Kamis sore, sekitar pukul 16.40 WIB. Diperkirakan, juga tengah dalam perjalanan ke Padang dengan pesawat, usai mengikuti orientasi tugas bersama tiga komisioner Bawaslu Sumbar periode 2022-2027 yang baru dilantik, Alni, Benny Azis dan Muhammad Khadafi.

Dijelaskan Benny Azis, pembajakan ini bertepatan dengan tahapan penerimaan berkas calon pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) di Sumatera Barat.

"Sementara waktu, sampai website ini benar-benar pulih, Bawaslu Sumbar menyarankan calon Panwascam menyerahkan berkas secara langsung ke kantor Bawaslu di masing-masing kabupaten/kota tempat domisilinya," ungkap Benny.

"Penyerahan dokumen dilaksanakan selama sepekan, mulai 21 hingga 27 September 2022. Dengan menyerahkan secara langsung, calon Panwascam juga bisa mengetahui, kekurangan administrasi yang telah disiapkan sehingga bisa langsung memperbaikinya. Jadi, para calon Panwascam tak memiliki kendala secara administrasi nantinya," tambah Benny.

Pantauan di sejumlah website Bawaslu di Sumbar, laman utamanya diganti dengan kalimat, "Ownd by Mr4NNG3R." Kemudian, juga ditampilkan anime black and white seorang wanita mengenakan dasi disertai lidah yang terjulur.

Caption yang dipakai, "Dia yang mengajari cara mencintai, tetapi tidak cara berhenti."

Kemudian juga ada tulisan, "Greezt, CantixCrew -- DepokBlackhat -- JogjaXploit -- SundaXplo" disertai rekaman suara dengan durasi 3.39 detik.

Disebutkan Benny, langkah-langkah detail terkait pemulihan laman website Bawaslu di Sumbar, masih belum dibahas tuntas secara internal. Karena, lima komisioner Bawaslu Sumbar mengikuti orientasi tugas selama pascapelantikan, Rabu, 21 September 2022.

"Perbaikan internal yang kita lakukan, cukup efektif. Per hari ini, sebenarnya tersisa dua website saja yang masih dibajak. Namun, yang sudah selesai itu, banyak juga yang kena bajak kembali," ungkap Benny.

"Walaupun begitu, laporan sementara dari team IT Bawaslu, pembajakan ini hanya mengubah tampilan di server dan tak bisa diakses. Untuk data, sampai saat ini masih aman. Tak ada yang hilang," tambah Benny. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar