Al Washliyah Bangun Masjid di Nagari Aur Kuning, KH Masyhuril: Target 1.000 Masjid di Pedalaman

Sabtu, 24 September 2022, 21:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Al Washliyah Bangun Masjid di Nagari Aur Kuning, KH Masyhuril: Target 1.000 Masjid di...
Ketua Umum PB Al-Washliyah, KH Masyhuril Khamis bersama Nurkhalis (Ketua Al Washliyah Sumbar) dan jajaran, foto bersama masyarakat jelang peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Washliyah di Banjar Harapan, Nagari Aur Kuning, Kecamatan Pasaman dimula

PASAMAN BARAT (24/9/2022) - Pembangunan Masjid Al-Washliyah di Banjar Harapan, Nagari Aur Kuning, Kecamatan Pasaman dimulai Sabtu pagi.

Pembangunan ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Ketua Umum PB Al-Washliyah, KH Masyhuril Khamis.

Sekitar pukul 13.00 WIB, KH Masyhuril Khamis mengawali peletakan batu pertama Masjid Al-Washliyah di Banjar Harapan Nagari Aur Kuning. Sebelum peletakan batu pertama, KH Masyhuril mengisi Tabligh Akbar di salah satu mesjid.

Kesempatan itu, hadir Ketua DPW Al-Washliyah Sumbar, Nurkhalis, Ketua KNPI Sumbar, Nanda Satria, Ketua Al-Washliyah Pasaman Barat, Al Widra, Ketua KNPI Pasaman Barat, Tri Tegar Marunduri, Staf Ahli Bupati Pasbar, Adrianto, Anggota DPRD Pasbar, Ronal Dodya Restu serta tokoh masyarakat lainya.

KH Masyhuril Khamis, mengatakan, ormas Al-Washliyah bergerak di bidang dakwah, pendidikan dan sosial. Sebagai hadiah Al-Washliyah yang akan berusia satu abad, Ormas ini akan membangun 1.000 masjid di pedalaman.

"Ke depan kita punya rencana misi dakwah, membangun masjid-masjid di perkampungan-perkampungan," kata Kiai Masyhuril kepada wartawan.

Dia menerangkan, masjid yang akan dirikan Al-Washliyah adalah masjid yang berkaitan dengan pendidikan dan ekonomi kerakyatannya. Itulah masjid yang akan dikembangkan Al-Washliyah.

Masjid-masjid itu akan membina umat di pedalaman. Masjid-masjid itu juga akan belajar dari masjid yang sukses menjadi lokomotif ekonomi rakyat.

"Target 1.000 masjid ini sebenarnya Program Satu Abad Al-Washliyah, jadi periode lima tahun, tapi visinya untuk satu abad Al-Washliyah yakni 9 tahun ke depan, jadi ini hadiah ulang tahun kita (satu abad)," ujarnya.

Ia menambahakan, Al-Washliyah adalah mitra dan kawan baik pemerintah, khususnya dalam upaya pembinaan nilai-nilai keagamaan. Karena Al-Washliyah adalah ormas keagamaan. Tentunya, fikrah Al-Washliyah adalah Islam wasathiyah.

Sementara itu, Ketua DPW Al-Washliyah Provinsi Sumatera Barat, Nurkhalis mengucapakan terimakasih kepada pemilik lahan yang telah mewakafkan tanahnya untuk membangun mesjid Al-Washliyah.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: