Mendagri Serahkan 12 Kode Nagari untuk Pasaman Barat, Hamsuardi: 71 Nagari Persiapan Tuntas

Senin, 26 September 2022, 21:28 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Mendagri Serahkan 12 Kode Nagari untuk Pasaman Barat, Hamsuardi: 71 Nagari Persiapan...
Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi bersama Hamsuardi (Bupati Pasbar) dan jajaran, foto bersama usai penyerahan kode wilayah administrasi pemerintahan desa, desa adat, kelurahan bersama kabupaten lainnya di Indonesia, Senin. (humas)

PASAMAN BARAT (26/9/2022) - Kabupaten Pasaman Barat memperoleh 12 kode wilayah administrasi pemerintahan desa, desa adat, kelurahan bersama kabupaten lainnya di Indonesia. Kode ini diberikan Kementerian Dalam Negeri, Senin

"Dengan diterimanya 12 kode desa atau nagari itu, total 71 nagari persiapan telah menerima kode desa karena sebelumnya 59 desa atau nagari telah diterima," kata Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi via telepon genggam, Senin.

Menurutnya, setelah keluarnya seluruh kode desa atau nagari yang diusulkan Pasaman Barat, selanjutnya akan dilaksanakan peresmian nagari-nagari yang telah memperoleh kode wilayah itu.

Kemudian, juga akan dilaksanakan pembinaan dari Pemkab Pasaman Barat kepada nagari yang sudah memiliki kode wilayah.

Baca juga: Bupati, Wabup dan Ketua PKK Ikuti Tradisi Manjalang Buya Lubuak Landua

"Intinya, kegiatan itu momen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," tegasnya.

Ia mengatakan, dengan diterimanya kode desa itu maka terbentuklah pemerintahan desa terendah terbaru di Pasaman Barat sebanyak 71 desa atau nagari.

Kemudian, ditingkat desa atau nagari yang mendapatkan kode desa akan diresmikan berbarengan dengan dilantiknya Pj wali nagari dari Aparatur Sipil Negeri (ASN).

Selanjutnya, akan dilaksanakan pemilihan Badan Musyawarah Nagari atau desa dengan menetapkan batas desa pemerintahan nagari yang telah disepakati sebelumnya.

Baca juga: Motocross & Grasstrack RRT Air Haji Open 2024 Perebutkan Hadiah Total Rp60 Juta

"Setelah tahapan itu, Bamus yang terbentuk akan menetapkan pemilihan wali nagari atau kepala desa," katanya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: