Kemendagri Serahkan 47 Kode Wilayah Adminsitrasi dari 3 Kabupaten di Sumbar

Selasa, 27 September 2022, 10:26 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Kemendagri Serahkan 47 Kode Wilayah Adminsitrasi dari 3 Kabupaten di Sumbar
Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), Jhon Wempi Watipo menyerahkan kode wilayah administrasi pemerintahan nagari dari tiga kabupaten di Sumatera Barat, pada Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Doni Rahmat Samulo, di Gedung Sasana Bhakti Praja

PADANG (26/9/2022) - Sebanyak 47 kode wilayah administrasi pemerintahan nagari dari tiga kabupaten di Sumatera Barat, tuntas diterbitkan Kemendagri. Secara simbolis, kode wilayah administrasi ini diserahkan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), Jhon Wempi Watipo pada Pemprov Sumbar, Senin.

Penyerahan kode wilayah yang berasal dari hasil pengusulan penataan (pemekaran) nagari ini, diterima gubernur Sumatera Barat yang diwaliki Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Doni Rahmat Samulo, di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat.

"Alhamdulillah pada hari ini kami atas nama gubernur menerima 47 kode wilayah administrasi pemerintahan nagari yang diserahkan langsung oleh Bapak Wakil Menteri Dalam Negeri," ucap Doni.

Sebanyak 47 kode pemerintahan nagari itu berasal dari pengusulan penataan dari 3 kabupaten yaitu 25 kode untuk Pemkab Pasaman, 10 kode untuk Pemkab Agam dan 12 Kode untuk Pemkab Pasaman Barat.

Baca juga: Andri Warman Terima Kode Wilayah 10 Nagari Persiapan di Agam

Sumbar merupakan provinsi penerima kode nagari terbanyak dari 119 kode nagari baru se-Indonesia yang diserahkan Wamendagri di momen itu.

Selama kurun waktu tahun 2022, Provinsi Sumatera Barat telah menerima total 106 kode wilayah desa/nagari baru, dimana sebelumnya pada tanggal 11 Agustus 2022 telah diserahkan juga sebanyak 59 kode nagari untuk Pemkab Pasaman Barat.

Keseluruhan nagari/desa yang ada di Provinsi Sumatera Barat saat ini telah jadi 1.035 nagari yang tersebar di 12 kabupaten dan 2 kota.

Doni menegaskan, dengan penambahan pemerintahan nagari baru ini, akan membuka ribuan lapangan pekerjaan baru dan mendongkrak perekonomian Sumbar.

Baca juga: Mendagri Serahkan 12 Kode Nagari untuk Pasaman Barat, Hamsuardi: 71 Nagari Persiapan Tuntas

"Dari 106 Nagari baru, jika saja per nagari itu akan diserap 15 orang untuk jadi wali nagari dan perangkatnya, maka akan ada 1.590 orang yang mendapatkan lapangan kerja," ungkap dia.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: