Puskesmas Seberang Padang, Disdukcapil dan Bappeda Dinobatkan jadi Pemuncak Inovasi Padang 2022

Al Imran | Rabu, 28-09-2022 | 20:34 WIB | 286 klik | Kota Padang
<p>Puskesmas Seberang Padang, Disdukcapil dan Bappeda Dinobatkan jadi Pemuncak Inovasi Padang 2022<p>

Wako Padang, Hendri Septa, menyerahkan reward berupa plakat, piagam penghargaan dan uang tunai atas penobatan inovasi terbaik kedua pada Kadisdukcapil Padang, Teddy Antonius pada Rapat Staf Bulanan Pemko Padang di Balai Kota Padang, Rabu. (humas)

PADANG (23/9/2022) - Puskesmas Seberang Padang, Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Bappeda Padang dinobatkan sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) dengan inovasi terbaik urutan 1, 2 dan 3.

"Selamat bagi OPD yang menerima reward dalam Lomba Inovasi Kota Padang 2022 ini. Bagi OPD yang belum menerimanya, mari kita tingkatkan kinerja. Banyak hal yang memerlukan inovasi maka kita lakukanlah itu," ujar Wako Padang, Hendri Septa, Rabu.

Reward berupa plakat, piagam penghargaan dan uang tunai atas penobatan inovasi terbaik ini, diberikan pada para pemenang lomba disela Rapat Staf Bulanan Pemko Padang di Balai Kota Padang.


Diketahui, dalam Top 6 Lomba Inovasi Kota Padang tahun ini, untuk Terbaik I berhasil diraih Dinas Kesehatan Kota Padang melalui Puskesmas Seberang Padang yang melahirkan inovasi OLYMPUS (Optimalisasi Sistem Informasi Layanan HIV/AIDs Melalui Website Puskesmas).

Sementara untuk Terbaik II yaitu inovasi Si Rancak (Sistem Informasi Terpadu Pencatatan Administrasi Kependudukan) persembahan Disdukcapil Kota Padang.

Inovasi ini diketahui sebagai upaya untuk memudahkan masyarakat dalam penyediaan informasi terkait pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

Selanjutnya Terbaik III adalah inovasi Simetris (Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Terintegrasi dan Dinamis) oleh Bappeda Kota Padang.

Kemudian juga ada inovasi Elektronifikasi Pembayaran (e-Payment) Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi (RPMT) Kota Padang oleh Diskominfo Kota Padang, inovasi Do Do Rin (Door to Door Perizinan) milik DPMPTSP dan inovasi Ketapel Dewa (Paket Pelayanan Adminduk Keliling Dengan WA) dari Disdukcapil Kota Padang.

Sementara, Kepala Bappeda Padang, Yenni Yuliza mengatakan, Lomba Inovasi Daerah Kota Padang dilakukan untuk meningkatkan motivasi perangkat daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien dan memiliki dampak atau manfaat yang baik untuk masyarakat.

"Tahun 2022 ini, total inovasi yang dilaporkan ke Kemendagri melalui aplikasi indeks inovasi daerah sebanyak 63 inovasi," ungkapnya.

"Kami berharap, di tahun 2023 akan ada peningkatan partisipasi seluruh elemen perangkat daerah Kota Padang, sehingga jumlah inovasi yang dilombakan juga meningkat," tambah Yenni.

Dikesempatan itu, hadir Sekda Padang, Andree Algamar beserta para Asisten, kepala OPD dan camat se-Kota Padang. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar