Padang Panjang Turunkan Stunting dengan Basunting

Kamis, 29 September 2022, 21:22 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Padang Panjang Turunkan Stunting dengan Basunting
Wawako Padang Panjang, Asrul memberikan arahan pada sosialisasi program Basunting dalam rangka penurunan angka stunting, Kamis. (kominfo)

PADANG PANJANG (29/9/2022) - Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA) kenalkan program Bapak dan Ibu Asuh Stunting (Basunting) untuk mempercepat penurunan angka stunting di Padang Panjang.

Sosialisasi Basunting ini digelar di aula Bappeda, Kamis. Dalam diskusi tersebut, Wawako Padang Panjang, Asrul mengharapkan, semua elemen baik itu masyarakat maupun OPD, berpartisipasi jadi bapak dan ibu asuh stunting, dalam memberikan gizi yang cukup untuk anak-anak di Padang Panjang.

"Penurunan angka stunting ini membutuhkan biaya. Hal tersebut harus kita cover bersama-sama. Kami minta kepada lurah untuk dapat menyosialisasikan program Basunting ini kepada masyarakat dan mengimbau kepada masyarakat menengah ke atas untuk dapat menjadi bapak dan ibu asuh," ujarnya.

Ia juga mengimbau semua lurah, untuk memilah lagi data orang tua yang anak-anaknya stunting dan ibu hamil. Juga mendatangi serta memberikan sosialisasi pada ibu hamil, tentang apa-apa saja makanan bergizi agar anaknya terhindar dari stunting.

Baca juga: Angka Stunting Sumut Turun 2,2 Persen, Ini Arahan Pj Gubernur

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan pengenalan produk MPASI "Hepi Meal," yang direncanakan menjadi pemasok makanan bergizi untuk bayi di bawah umur dua tahun (Baduta) stunting. Lalu dilanjutkan dengan diskusi mengenai bagaimana mekanisme program stunting ini ke depannya.

Diskusi ini juga dihadiri Wakil Ketua TP-PKK, Nova Era Yanthy Asrul, Asisten Bidang Pemerintahan dan Pembangunan, Syahdanur, Kepala Dinas DSPPKBPPPA, Osman Bin Nur, kepala OPD, kepala Puskesmas, camat dan lurah se-Kota Padang Panjang. (ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: