Ribuan Benih Ikan Kerapu Disalurkan di Sungai Bungin, Mahyeldi: 1 KK Buat 10 KJA

Selasa, 04 Oktober 2022, 19:24 WIB | Bisnis | Kab. Pesisir Selatan
Ribuan Benih Ikan Kerapu Disalurkan di Sungai Bungin, Mahyeldi: 1 KK Buat 10 KJA
Gubernur Sumbar, Mahyeldi serahkan bantuan pakan ikan kerapu di Sungai Bungin, Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa. (humas)

PESISIR SELATAN (4/10/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyerahkan bantuan bibit dan pakan kerapu di Sungai Bungin, Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa.

Adapun jumlah alokasi bantuan yang diserahkan gubernur untuk Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 12.000 ekor Benih Kerapu Bebek, 11.250 ekor Benih Kerapu Hybrid, 13.000 kilogram pakan dan 375 bungkus vitamin.

Dikatakan Mahyeldi, potensi terbesar budidaya ikan kerapu di Sumatera Barat berada di Pesisir Selatan. Dia mengajak para perantau Sungai Bungin yang ada di luar negeri, untuk berinvestasi budidaya ikan kerapu. Hal itu dimanfaatkan untuk memperbanyak jumlah Keramba Jaring Apung (KJA).

"Diharapkan satu pelaku usaha kerapu di Sungai Bungin punya 100 KJA. Perlu kita ajak para pengusaha yang di perantauan untuk membuat keramba di sini, untuk urusan benih dan bibit biar Pemprov yang bertanggung jawab untuk memfasilitasinya," ujar Mahyeldi yang dihadiahi tepuk tangan oleh masyarakat.

Baca juga: SENGKETA PEMILU: Hakim Tolak Dakwaan Dugaan Ijazah Palsu Caleg PPP

Menurut dia, produksi ikan kerapu mampu mempercepat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan. Untuk itu Gubernur memerintahkan kepada Wali Nagari Sungai Bungin untuk mendata para perantau Sungai Bungin di berbagai daerah.

Apalagi, terdapat 50 Kepala Keluarga yang bergerak di sektor budidaya ikan kerapu ini. Mahyeldi menyarankan, satu kepala keluarga membuat 10 KJA sehingga terdapat 500 KJA yang dapat diajukan proposal ke pengusaha yang di perantauan untuk bekerjasama.

"Coba bayangkan satu keramba saja bisa menghasilkan 50 kilo ikan, dengan potensi laut pessel yang luas dan airnya tenang ini untuk memperbanyak hasil panen sangat potensial sekali," ucap Mahyeldi.

Sekretaris Daerah Pessel, Mawardi Roska mengucapkan terima kasih atas bantuan benih, vitamin dan pakan, pada enam kelompok usaha ikan kerapu di Sungai Bungin. Sehingga, dengan adanya bantuan tersebut dapat membantu dan memotivasi pembudidaya ikan kerapu di Sungai Bungin.

Baca juga: HJK Pessel ke - 76: Pasisia Kian Rancak dan Bermartabat

"Di Pessel mayoritas masyarakat tinggal di pesisir pantai, mereka juga yang mendominasi usaha perikanan dan pertanian," ungkapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: