1400 Pohon Cemara Ditanam di Pantai Nagari Nyiur Melambai

Rabu, 05 Oktober 2022, 07:53 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
1400 Pohon Cemara Ditanam di Pantai Nagari Nyiur Melambai
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menanam Pohon Cemara secara simbolis di Pantai Nagari Nyiur Melambai, Kampung Sumedang, Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa. (humas)

PESISIR SELATAN (4/10/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengatakan, penanaman pohon cemara ini bermanfaat untuk mencegah abrasi pantai sekaligus mereduksi tekanan air laut sehingga kawasan pantai terbebas dari abrasi.

Hal itu dikatakan Mahyeldi usai penanaman pohon cemara bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar serta perangkat nagari di Pantai Nagari Nyiur Melambai, Kampung Sumedang, Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa. Di momen itu, dilakukan penanaman 1.400 bibit pohon cemara.

Dikatakan, Nagari Nyiur Melambai memiliki potensi pariwisata yang sangat bagus. Karenanya, masyarakat mesti menjaga dan mengenali potensi wisata yang dimiliki.

Mahyeldi juga memberikan tantangan ke masyarakat, untuk menjaga dan merawat pohon cemara hingga tumbuh dengan baik.

Baca juga: Gubernur Wacanakan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi jadi Nama Masjid Raya Sumbar, Ini Kata Ketua LKAAM

"Bagusnya pohon-pohon yang telah ditanam ini, ada bapak asuh dan ibu asuhnya. Siapa yang paling subur pohonnya diberi hadiah," ungkap Mahyeldi.

"Sehingga, saya jamin kalau kita bersinergi untuk merawatnya, pohon ini akan terjamin, terawat dan terpelihara secara baik," ujar dia.

Mahyekdi berharap, pengembangan wisata pantai di Nagari Nyiur Melambai turut berkembang sejalan dengan upaya pengawasan terhadap abrasi, erosi serta aktivitas manusia yang dapat merusak kawasan pesisir pantai.

"Saya lihat di ujung pantai sana, terdapat danau sepanjang 180 meter yang dapat dimanfaatkan untuk atraksi jetski," tutur Mahyeldi.

Baca juga: Mudik Lebaran, Mahyeldi: Perbaikan Jalan Nasional yang Rusak Akibat Banjir Tuntas H-7

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar, Desniarti, mengajak masyarakat turut bersama-sama menjaga dan memelihara tanaman pohon cemara tersebut sehingga bisa bermanfaat dalam jangka panjang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: