Urai Macet Pasar Padang Luar, Ini Rencana Bupati Agam

Al Imran | Rabu, 05-10-2022 | 21:36 WIB | 291 klik | Kab. Agam
<p>Urai Macet Pasar Padang Luar, Ini Rencana Bupati Agam<p>

Bupati Agam, Andri Warman memimpin rapat mencarikan solusi untuk mengurai kemacetan di Pasar Padang Lua, Selasa. (humas)

AGAM (4/10/2022) - Pemkab Agam akan lakukan penataan Pasar Padang Lua, supaya kemacetan dapat diatasi. Ini jadi prioritas Pemkab Agam yang tidak terlepas dari dukungan berbagi pihak, termasuk pemerintah nagari dan pengurus pasar.

"Yang berjualan di pasar ini bukan hanya pedagang dari Sumbar, malahan ada dari provinsi tetangga. Sehingga terjadi kepadatan akibatnya menimbulkan kemacetan," ujar Bupati Agam, Andri Warman saat berembuk mencarikan solusi untuk mengurai kemacetan di Pasar Padang Lua, Selasa.

Ikut hadir dalam rembuk itu, Kadis Koperindag, Dedi Asmar, Kadis Perhubungan, Handria Asmi, Kasat Pol PP, Dandi Pribadi, Camat Banuhampu, Susi Karmila dan Wali Nagari Padang Lua, Edison,


"Apabila pasar tidak ditata, maka kemacetan ini akan terjadi terus menerus. Bahkan ini juga jadi perhatian bagi provinsi dan pusat," sebutnya.

Ketika nanti melakukan penataan, katanya, beberapa titik dikhususkan sebagai tempat parkir di luar jalur utama yang melintasi pasar tersebut.

Diketahui, lokasi Pasar Padang Lua sebagian besar milik PT KAI, sehingga perusahaan BUMN ini dilibatkan dalam diskusi tersebut.

Bahkan, pihak PT KAI ikut mendukung upaya Pemkab Agam dalam mengatasi kemacetan dengan cara menata pasar.

"Kita siap mendukung, supaya bisa mengatasi kemacetan yang terjadi selama ini," ujar Vice President PT KAI Divre II Sumbar, M Arie Fathurrochman.

Namun, katanya, perlu MoU dalam pemanfaatan lahan milik PT KAI ini, yang bakal digunakan untuk penataan pasar.

Terkait hal ini, nanti akan ada pertemuan lanjutan antara PT KAI dengan Pemkab Agam, kecamatan, nagari dan pengurus pasar.

Selain itu, Dinas Perhubungan Agam juga berupaya mengaktifkan kembali traffic light di simpang Padang Lua.

"Ini sudah kita anggarkan dalam perubahan, dan telah mendapat izin dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Sumbar," sebut Kadishub Agam, Handria Asmi.

Menurutnya, jika traffic light kembali aktif, dapat menekan kemacetan di jalan provinsi kawasan pasar Padang Lua tersebut. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar