169 Mustahik Terima Bantuan dari Program Kemanusiaan Baznas Padang

Rabu, 05 Oktober 2022, 22:05 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
169 Mustahik Terima Bantuan dari Program Kemanusiaan Baznas Padang
Wako Padang, Hendri Septa didampingi Mufti Syarfie (ketua Baznas Padang) menyerahkan bantuan sepeda pada warga yang akan menggunakannya untuk berjualan secara keliling, Selasa. (humas)

PADANG (4/10/2022) - Wali Kota Padang, Hendri Septa bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), serahkan bantuan pada masyarakat yang membutuhkan. Bantuan ini diserahkan secara simbolis di Kantor Baznas Padang di Jl Bypass Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Selasa.

Hendri Septa menyampaikan, bantuan ini merupakan zakat yang dikumpulkan oleh Baznas dari para muzakki, yang merupakan ASN Pemko Padang dan warga Kota Padang secara umum.

"Zakat ini diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan terdiri dari berbagai sektor sesuai dengan akadnya, digunakan untuk bantuan usaha, kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial, dakwah dan advokasi," jelas Hendri.

"Kegiatan ini rutin dilakukan Baznas Padang setiap bulannya. Makanya, bantuan ini harus tepat sasaran," imbuh Hendri Septa.

Baca juga: Sekda Bukittingi Lantik 4 Pimpinan BAZNas Pengganti Antar Waktu Periode 2020-2025

"Bagi masyarakat yang menerima bantuan dari Baznas betul-betul dimanfaatkan sesuai kebutuhannya. Jangan sampai disalahgunakan. Apalagi, dalam kondisi saat ini semua kebutuhan pokok naik maka penerima bantuan harus arif dalam membelanjakannya," kata Hendri Septa.

Sementara, Ketua Baznas Kota Padang, M Mufti Syarfie menjelaskan, bantuan kali ini diserahkan untuk 169 orang mustahik, melalui program kemanusiaan. Setiap mustahik menerima bantuan dengan jumlah yang berbeda, tergantung kebutuhan dan proposal yang disampaikan ke Baznas.

"Hari ini kita berikan zakat kepada 169 orang mustahik. Total bantuan yang kita serahkan hari ini sebesar Rp252 juta lebih. Setiap bantuan yang diamanahkan para muzakki atau orang yang berzakat disalurkan sesuai peruntukannya," ungkap Muftie.

Bantuan tersebut, tak hanya berupa uang namun juga berbentuk barang, guna menunjang usaha masyarakat yang membutuhkan. Seperti sepeda untuk berjualan keliling. Kemudian bantuan peralatan kesehatan kursi roda dan printer untuk usaha pemula.

Baca juga: BANJIR PESSEL: Baznas Dirikan 5 Lokasi Dapur Umum

"Semua bantuan ini untuk menunjang kesehatan dan ekonomi mustahik," jelasnya. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: