Panen Berlimpah, Mahyeldi: Diperlukan Hilirisasi Produk Berbahan Durian untuk Tingkatkan Pendapatan

Al Imran | Kamis, 06-10-2022 | 08:37 WIB | 231 klik | Kab. Lima Puluh Kota
<p>Panen Berlimpah, Mahyeldi: Diperlukan Hilirisasi Produk Berbahan Durian untuk Tingkatkan Pendapatan<p>

Gubernur Sumbar, Mahyeldi kunjungi kebun durian milik Ike Risman, di Sipingai, VII Koto Talago, Limapuluh Kota, Senin (3/10/2022). (humas)

LIMAPULUH KOTA (3/10/2022) - Pecinta dan pemburu durian di Sumatera Barat, saat ini sedang bersuka ria menikmati buah berduri itu.

Di setiap sudut kota dan pinggir jalan berjejer pedagang menjajakan tumpukan si raja buah ini.

Pekan lalu, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bahkan menggelar festival durian yang begitu meriah.


Meski Festival Durian Solok Selatan telah usai, dalam dua atau tiga bulan ke depan, Sumbar masih akan terus "banjir" durian.

Dari Limapuluh Kota misalnya, masih banyak lagi durian dari berbagai jenis yang akan dipanen, ada durian King, Monthong, Baworoche ataupun Timbago.

Semangat petani untuk terus menanam durian ini diapresiasi Gubernur Sumbar, Mahyeldi.

Hal ini disampaikannya saat mengunjungi kebun durian milik Ike Risman, di Sipingai, VII Koto Talago, Limapuluh Kota, Senin (3/10/2022).

"Kita bersyukur atas datangnya musim panen durian ini. Untuk menjaga stabilitas harga dan keuntungan petani, kita mendorong petani untuk juga bersinergi dengan pedagang bahkan pengusaha," ujar Mahyeldi.

Menurut dia, sinergitas petani durian dengan pedagang dan pengusaha, akan mampu mempermudah bahkan memperluas pasar bagi durian Sumatera Barat.

Selain itu, sinergitas antara keduanya diyakini Mahyeldi juga akan menciptakan inovasi dan terobosan baru untuk peningkatan pendapatan petani.

"Dengan bersinergi kita mampu membuat terobosan, misalnya dalam program hilirisasi. Maka saya yakin pengusaha akan untung, petani pun akan tersenyum," imbuhnya. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar