Pembangunan Awning Jl Minangkabau, Ini Kata Ketua Kadin dan Forum UMKM

Kamis, 06 Oktober 2022, 11:56 WIB | Bisnis | Kota Bukittinggi
Pembangunan Awning Jl Minangkabau, Ini Kata Ketua Kadin dan Forum UMKM
Ketua Umum Kadin Bukittinggi, Ferdian.

BUKITTINGGI (5/10/2022) - Penolakan sekelompok pedagang atas pembangunan awning yang sudah melewati proses tender disayangkan sejumlah pihak. Di antaranya Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Ketua Forum UMKM Bukittinggi.

Dua organisasi yang sama-sama jadi wadah resmi berhimpunnya para pelaku UMKM ini, menilai kehadiran awning sejatinya dapat membawa dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi pasca pandemi melalui sektor UMKM di Kota Bukittinggi.

"Reaksi penentangan oleh pedagang toko di Jl Minangkabau ini kami kira ada indikasi dugaaan muatan kepentingan politik," ujar Ferdian, Ketua Umum Kadin Bukittinggi diwawancara awak media, Rabu malam.

Indikasi dugaan ini, sambung Ferdian, ditandai dengan munculnya jargon pilkada "Bukittinggi JAGO" yang pernah dimainkan serta dimanfaatkan pada proses pilkada di Bukittinggi sebelumnya.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Tingkat Hunian Hotel Naik 100 Persen

"Pada dasarnya, dengan adanya awning ini dapat mengakomodir PKL di sekitaran pelataran Jam Gadang untuk berjualan dan dapat meningkatkan pendapatan mereka tanpa harus merugikan seluruh pengunjung dan masyarakat Kota Bukittinggi," jelasnya.

Dijelaskan Ferdian, Kota Bukittinggi merupakan Kota wisata dan bukan kota industri ataupun juga kota pertanian.

"Mayoritas mata pencaharian masyarakat adalah berdagang. Dengan adanya awning tersebut, diharapkan roda transaksi jual beli antara PKL dan pelaku UMKM dengan wisatawan yang berkunjung semakin tertata."

"Nilai lebihnya, akan terjadi peningkatan pendapatan daerah, karena waktu transaksi jual beli dapat berjalan lebih lama. PKL yang hanya bisa berjualan setelah toko tutup di sore hari, nantinya bisa berjualan dengan lebih aman dan nyaman," bebernya.

Baca juga: BPOM Payakumbuh Sosialisasikan Pro-PN Keamanan Pangan di Bukittinggi, Ini Lokasinya

"Inilah sebenarnya semangat kebersamaan dan kesetaraan yang diperjuangkan Bung Hatta. Agar perputaran ekonomi tidak hanya dinikmati kalangan elit dan individualistik, tapi saling bergotongroyong antar sesama pedagang," imbuhnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: