Kopi dan Rokok Merupakan Pasangan yang Buruk bagi Kesehatan, Ini 4 Anjuran Ngupi Sehat

Jumat, 07 Oktober 2022, 21:41 WIB | Kuliner | Nasional
Kopi dan Rokok Merupakan Pasangan yang Buruk bagi Kesehatan, Ini 4 Anjuran Ngupi Sehat
Ilustrasi segelas kopi.

SEBAGIAN orang Indonesia, kopi dan rokok jadi sebuah gaya hidup yang tak terpisahkan. Secangkir kopi itu, juga kerap ditambahi dengan seduhan gula pasir.

Bagi pecandu rokok, kopi agak pahit-pahit manis itu, jadi kenikmatan tersendiri dalam menikmati kepulan udut. Apalagi jika dilakukan malam hari saat begadang.

Jika anda merupakan bagian dari ilustrasi di atas, mulailah berhati-hati. Bukan manfaat minum kopi yang didapatkan tubuh, tapi malah bisa menjadi racun.

Sebab, kopi dan rokok merupakan kombinasi yang sangat buruk bagi tubuh. Keduanya mengandung zat stimulan yang mempengaruhi aliran darah. Jadi, mengonsumsinya bersamaan akan sangat membebani kerja jantung.

Baca juga: Perantau dan Anak Nagari Panampuang Berbaur di Jalan Sehat, Ditutup dengan Hiburan KIM, Hadiah Ratusan Juta

Selama sesuai dengan anjuran yang diberikan, minum kopi memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Agar Anda tidak asal-asalan mengonsumsi minuman pahit ini, perhatikan anjuran dan cara minum berikut ini.

1. Jauhi Kopi Instan

Anjuran terakhir agar Anda merasakan manfaat minum kopi adalah jauhi produk-produk instan. Apalagi jika jenis seduhan kopinya merupakan campuran dengan susu seperti cappuccino atau latte.

Pasalnya, produk instan kerap menggunakan serbuk jagung sebagai pengental. Sehingga jika diperhatikan pada bagian belakang kemasan, kalori yang terkandung dalam secangkir kopinya sangat tinggi.

Baca juga: BANJIR PESSEL: RSUD Dr Muhamad Zein Painan Buka Layanan Terapy Psikotery di Tarusan

Dalam penelitian yang dipublikasikan European Journal of Pharmaceutical and Medical Research, sebanyak 30 orang dewasa, pria dan wanita sehat, diberikan kopi instan tiap pagi dan sore selama 14 hari. Hasilnya, wanita dalam percobaan tersebut mengalami kenaikan berat badan setelah percobaan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: