Perantau Minang di Norwegia Tawarkan Peluang Pameran, Ini Respon Gubernur

Al Imran | Senin, 10-10-2022 | 20:10 WIB | 286 klik | Internasional
<p>Perantau Minang di Norwegia Tawarkan Peluang Pameran, Ini Respon Gubernur<p>

Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyerahkan cenderamata pada perantau minang di Norwegia Emmy Jorgensen beserta rombongan, di Istana Kompleks Gubernuran Sumbar, Jl. Sudirman, Padang, Ahad malam. (humas)

PADANG (9/10/2022) - Gubernur Sumbar, Mahyeldi mastikan, akan mengenalkan Bumbu Randang, Coklat dan Kopi pada pameran pariwisata dan kuliner di Norwegia, Februari 2023 nanti. Juga akan diupayakan komoditi lainnya termasuk kerajinan dan rempah.

Hal itu disampaikan Mahyeldi saat menerima Emmy Jorgensen beserta rombongan dari Norwegia, di Istana Kompleks Gubernuran Sumbar, Jl. Sudirman, Padang, Ahad malam.

"Kita akan siapkan apa saja persyaratannya, termasuk mengirim sampel-sampelnya. Ini suatu kesempatan luar biasa yang ditawarkan Norwegia melalui Buk Emmy Jorgensen berkoordinasi dengan dinas terkait. Ini berkah yang harus kita manfaatkan. Termasuk juga kita akan koordinasikan dengan Minang Diaspora," ungkap Mahyeldi.


Dalam pertemuan itu, Emmy yang merupakan orang Minangkabau asal Pariaman itu, juga membahas promosi wisata Minangkabau di Norwegia.

Termasuk program membuka rumah Makan Padang di Norwegia dan negara lainnya di Skandinavia dan Eropa secara umum.

Terutama sejak Lagu Nasi Padang oleh Audun Kvitland tenar pada 2017. Rasa ingin tahu tentang Nasi Padang dan Minangkabau secara umum, jadi sangat tinggi. Namun, informasi tentang itu masih sangat minim.

"Karena itu, saya sebagai orang Minangkabau sangat ingin sekali mempromosikan ini. Setiap produk yang kita tawarkan di sana dilengkapi QR code," ungkapnya.

"Jadi, setiap orang Norwegia tanya tentang Padang, Sumbar atau Minangkabau, bisa langsung mengetahuinya melalui QR code," ujar Emmy.

Saat ini, Emmy menyebut, tengah mendirikan Rumah Makan Padang di Norwegia, termasuk menyediakan Menu Nasi Padang di berbagai restoran di Norwegia.

Karena itu, Emmy bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar, saat ini tengah menyiapkan program magang bagi 100 orang selama 5 bulan di Norwegia dan negara-negara lain di Skandinavia dan Eropa.

Dalam pertemuan itu, Emmy juga mengajak serta tim pembuat film tentang Nasi Padang, Sumbar dan Minangkabau.

Film tersebut akan mengambil scenes di beberapa lokasi di Sumbar dan nantinya akan ditayangkan di 160 sekolah di Norwegia.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, beberapa pejabat di lingkungan Pemprov Sumbar, di antaranya Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar, Nazwir serta Kabiro Pemerintahan dan Otda, Doni Rahmat Samulo. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar