Ini Cara Pesan dan Harga Bibit Ikan di BBI Padang Panjang, Buka Tiap Hari Kerja

Rabu, 12 Oktober 2022, 19:09 WIB | Bisnis | Kota Padang Panjang
Ini Cara Pesan dan Harga Bibit Ikan di BBI Padang Panjang, Buka Tiap Hari Kerja
Penjualan bibit ikan pada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Ikan (BBI) Padang Panjang. (kominfo)

PADANG PANJANG (12/10/2022) - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Ikan (BBI) sediakan berbagai jenis bibit ikan yang bisa dipesan warga Kota Padang Panjang. Pemesanan bisa dilakukan setiap hari sesuai jam operasional.

"Jam operasional untuk pemesanan bibit ikan di BBI mulai pukul 07.30 WIB hingga 16.00 WIB," sebut Kepala UPTD BBI, Alim Fauzan, Rabu.

Dikatakan, saat ini bibit ikan yang tersedia adalah bibit ikan nila dan bibit ikan koi. Sedangkan untuk bibit ikan mas masih dalam tahap pengembangan.

Harga untuk setiap bibit ikan ini berbeda. Ikan nila ukuran 3-5 cm dibandrol dengan harga Rp100/ekor, 5-8 cm Rp200/ekor, 8-12 cm Rp400/ekor.

Baca juga: Semarak Ramadhan di Kota Padang Panjang, Dari Itikaf, Berbagi Berkah hingga Tadarusan

Sedangkan untuk ikan koi ukuran 3-5 cm dibandrol dengan harga Rp1.320/ekor, ukuran 5-8 cm Rp3.200/ekor dan 8-12 cm Rp6.500/ekor.

"Order bisa melalui telepon atau WA ke nomor 085271108185. Atau melalui pesan di instagram BBI (@uptd_bbi_kota_padang_panjang). Nanti setelah dilakukan pemesanan konsumen akan ditelepon kembali mengenai waktu ketersediaan bibit ikan," jelasnya.

Diceritakan Fauzan, kegiatan pembenihan di BBI dimulai dengan persiapan kolam pemijahan. Dengan melakukan pembersihan kolam dan pemberian kapur yang berguna untuk menetralkan kembali PH tanah kolam. Keesokan harinya dilakukan pengisian air untuk kolam pemisahan.

Tahap selanjutnya adalah seleksi induk ikan jantan dan betina, dengan jumlah perbandingan tertentu dan diletakkan dalam satu kolam sampai waktu 21 hari hingga proses kawin ikan selesai.

Baca juga: Kerugian Warga Padang Panjang Akibat Erupsi Gunung Marapi Capai Rp13 Miliar

Setelah 21 hari maka akan nampak larva ikan nila dan dilakukan pemanenan larva ikan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: