Kadis Kominfotik Provinsi Riau Erisman Yahya Buka Kegiatan Implementasi UU No. 14 Tahun 2008

Al Imran | Kamis, 01-10-2022 | 19:21 WIB | 252 klik | Nasional
<p>Kadis Kominfotik Provinsi Riau Erisman Yahya Buka Kegiatan Implementasi UU No. 14 Tahun 2008<p>

Kadis Kominfotik Riau, Erisman Yahya membuka acara Implementasi UU KIP untuk Aparatur Pemerintahan Desa se-Kabupaten Kuantan Singingi, di Pekanbaru, Kamis. (humas)

PEKANBARU (1/9/2022) - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Riau, Erisman Yahya mengatakan, hadirnya UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik serta meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan badan publik yang baik.

"Mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik yaitu transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan," kata Erisman Yahya saat membuka acara Implementasi UU KIP untuk Aparatur Pemerintahan Desa se-Kabupaten Kuantan Singingi, di Pekanbaru, Kamis.

Hadir di kegiatan itu, Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau, Zufra Irwan, Plt Bupati Kuantan Singingi, Suhardiman Amby, Sekretaris Dinas Kominfotik Riau, Sri Mekka, Komisioner KI Provinsi Riau, Penasehat Ahli Gubernur Riau Bidang Informasi dan Komunikasi, Dheni Kurnia, Kepala OPD Pemkab Kuantan Singingi serta peserta dari Pemerintah Desa.


Dengan melihat tujuan itu, terang Erisman Yahya, secara garis besar adanya Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik ini memberikan ruang bagi masyarakat untuk memenuhi haknya dalam partisipasi pengambilan keputusan atau pembuatan kebijakan oleh pemerintah.

"Maka itu sangat sejalan dengan Implementasi Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008 tentang Informasi Publik," sebut Erisman Yahya.

Oleh karena itu, dia berharap, peserta dapat mengikuti sosialisasi dengan baik, sehingga apa yang tertuang dalam UU KIP dapat diimplementasikan.

"Mudah-mudahan, kerja keras kita semua ini dalam memberikan informasi kepada publik akan membuahkan hasil yang maksimal bagi keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Kuantan Singingi khususnya dan Provinsi Riau umumnya," pungkas Erisman Yahya.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Riau, Zufra Irwan dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 1 September hingga 2 September di Hotel Mutiara Merdeka dengan peserta sebanyak 150 orang kepada desa di Kabupaten Kuantan Singingi.

Dikatakan Zufra Irwan, Kabupaten Kuantan Singingi merupakan kabupaten yang ke-10, digelar kegiatan Implementasi UU KIP oleh Komisi Informasi Provinsi Riau dengan sumber anggaran dari APBD Provinsi Riau.

Melalui kegiatan ini, Zufra Irwan juga berharap dapat memberikan edukasi bagaimana tata kelola informasi yang baik sebagai aparatur pemerintah desa sesuai dengan undang-undang. (adv)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar