Sumbar Tuan Rumah MTQ VI Korpri, Mahyeldi: Prioritaskan Keamanan, Kenyamanan dan Pelayanan

Al Imran | Kamis, 13-10-2022 | 20:40 WIB | 181 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Sumbar Tuan Rumah MTQ VI Korpri, Mahyeldi: Prioritaskan Keamanan, Kenyamanan dan Pelayanan<p>

Gubernur Sumbar, Mahyeldi memimpin rapat persiapan pelaksanaan MTQ Korpri VI Tahun 2022 bersama OPD dan instansi terkait yang terlibat dalam kepanitiaan, di Ruang Rapat Istana Gubernuran, Selasa. (humas)

PADANG (11/10/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengatakan, pelaksanaan perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) VI Korpri Tingkat Nasional Tahun 2022 segera dimatangkan mengingat pelaksanaan iven keagamaan tersebut hanya tinggal menghitung hari lagi.

"Saya minta keamanan, kenyamanan dan pelayanan terhadap seluruh Kafilah dan para tamu yang datang dari luar daerah harus diprioritaskan serta dilayani dengan maksimal," tegas Mahyeldi saat memimpin rapat bersama OPD dan instansi terkait yang terlibat dalam kepanitiaan, di Ruang Rapat Istana Gubernuran, Selasa.

Diketahui, MTQ VI Korpri Tingkat Nasional Tahun 2022, Pemprov Sumatera Barat didaulat jadi tuan rumah. Dalam rapat itu, beberapa tim pelaksana dari berbagai OPD melaporkan kesiapan MTQ Korpri yang akan digelar pada 6-13 November 2022 mendatang.


Pembagian tugas tersebut mulai dari kesiapan panggung, fasilitasi tamu, dewan juri dan kafilah, persiapan pembukaan dan penutupan, venue MTQ, konsumsi, kesehatan, publikasi dan IT hingga promosi dari sisi wisata dan UMKM.

Mahyeldi mengingatkan panitia, untuk memfasilitasi para tamu yang datang antara lain terkait masalah pelayanan, kenyamanan dan keamanan seluruh kafilah dan tamu-tamu yang datang dari luar daerah.

Kafilah Meningkat

Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Hansastri selaku ketua pelaksana, mengapresiasi peningkatan jumlah khafilah dibandingkan tahun sebelumnya. Diketahui, jumlah khafilah yang mendaftar per tanggal 4 Oktober mencapai 1.229 orang, dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 600 orang.

"Kita ingin kegiatan MTQ ini berjalan lancar dan aman bagi semua penyelenggara di dalam pelaksanaan kedepan. Saya yakin kita semua sudah bertekad kegiatan ini sebagai salah satu amalan. Kita harus menjaga dan tidak menciderai amal ibadah yang kita laksanakan ini," jelas Hansastri.

Selanjutnya, terkait persiapan MTQ Korpri untuk tata letak panggung pembukaan MTQ Korpri VI ini, Kepala Biro Umum, Syefdinon mengungkapkan, pihaknya telah menyediakan fasilitas tempat duduk serta memastikan peserta dan tamu VVIP.

Untuk dekorasi panggung sendiri, terdapat dua buah videotron di sisi kiri dan kanan panggung, serta untuk dekorasi panggung akan dihiasi dengan taman dan bunga sama seperti konsep dekorasi panggung saat upacara HUT 17 agustus 2022 lalu.

"Biro umum memfasilitasi acara pembukaan dan penutupan serta perlengkapan venue, serta tenda, panggung dan dekorasi panggung sudah disediakan KAK (Kerangka Acuan Kerja) dan anggarannya," ungkapnya.

Kemudian, untuk pembukaan MTQ Korpri ini, kabarnya akan dibuka secara langsung oleh Presiden RI secara virtual. Untuk teknis pelaksanaannya, akan dibicarakan lebih lanjut pada rapat selanjutnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Heri mengatakan, terkait dengan penjemputan kafilah dan para tamu VVIP tentunya sudah dipersiapkan dengan matang.

"Mulai dari kedatangan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sampai tempat penginapan bahkan hingga kembali ke daerah masing-masing semuanya telah disiapkan transportasinya," jelas Heri.

Terkait publikasi dan IT, Kepala Dinas Kominfotik, yang diwakili Sekertaris Dinas, Widya mengatakan kominfo dalam pelaksanaan MTQ Korpri telah menyiapkan internet 100 MB di seluruh venue MTQ, aplikasi MTQ Mobile, website MTQ Korpri yang dapat diakses melalui www.mtqkorpri.sumbarprov.go.id serta live streaming di enam titik venue MTQ.

Kemudian terkait Bidang kesehatan, Lila Yanwar mengatakan, Dinas Kesehatan akan menugaskan sebanyak 48 tim medis dan ambulance ia juga berharap disediakan akses mobilitas ambulance saat acara MTQ Korpri.

"Saya harap di acara MTQ Korpri nanti disediakan akses jalan agar ambulance bisa lancar keluar, kita juga sudah menyediakan tim kesehatan di hotel tempat tamu menginap," jelasnya.

D ia mengatakan, untuk kesehatan para peserta yang datang dari luar sumbar sebaiknya sudah melakukan vaksin dosis ketiga, hal tersebut guna meminimalisir kasus baru Covid-19.

Hadir dalam rapat persiapan ini perwakilan dari sejumlah OPD terkait yang terlibat, diantaranya dari Dinas Perhubungan, Biro Kesra, Dinas Perindag, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Bidang keamanan Kasat Pol PP. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar