138 Siswa SMTI Padang Diwisuda, 67 Kantongi Sertifikat Kompetensi Internasional

Kamis, 13 Oktober 2022, 22:29 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
138 Siswa SMTI Padang Diwisuda, 67 Kantongi Sertifikat Kompetensi Internasional
Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberikan arahan pada Wisuda dan Pelantikan Lulusan SMK SMTI Padang, Tahun Pelajaran 2021/2022, di Padang, Kamis. (humas)

PADANG (13/10/2022) - Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan SMTI Padang dengan berbagai kompetensi serta bersertifikasi nasional dan internasional, secara langsung telah membantu peningkatan produktifitas industri tanah air.

"Diharapkan, SMK SMTI Dapat terus mengembangkan pembelajarannya serta kolaborasi dengan dunia usaha sehingga lulusan SMK SMTI semakin berkualitas dan berdaya saing tinggi," ungkap Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi saat memberikan sambutan pada Wisuda dan Pelantikan Lulusan SMK SMTI Padang, Tahun Pelajaran 2021/2022, di Padang, Kamis.

Sebanyak 138 siswa lulusan SMK SMTI diwisuda dengan berbagai kompetensi. Dia mengucapkan selamat dan menghimbau lulusan agar terus meningkatkan kompetensi yang sudah dimiliki.

"Lulusan SMK SMTI ini sudah jelas masa depannya. Dunia industri sudah menanti, meneruskan sekolah pun bisa. Kita berharap SMK."

Baca juga: Gubernur Wacanakan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi jadi Nama Masjid Raya Sumbar, Ini Kata Ketua LKAAM

"SMTI akan lebih maju dan lebih banyak lagi yang masuk SMK SMTI sehingga dapat memenuhi kebutuhan industri. Saat ini 600 ribu kebutuhan di Indonesia, dan hanya mampu memenuhi 100 ribu dari sekolah dibawah Kementerian Perindustrian," ujar dia.

Oleh sebab itu, Mahyeldi sangat mendukung rencana pengembangan SMK SMTI. Jika perlu, menurut dia, bisa saja dilakukan tukar guling gedung SMK SMTI sekarang dengan lahan baru yang lebih luas.

"SMK SMTI perlu dicontoh SMK-SMK lainnya. Kalau perlu buat Jurusan Industri di SMK yang dibawah wewenang Pemprov Sumbar kerjasama dengan Kemenperin."

"Untuk pengembangan SMTI, bisa saja tukar guling. SMTI yang ada sekarang menjadi perluasan bagi SMAN 2, sementara SMTI kita carikan lahan yang lebih representatif. Mudah-mudahan rencana ini bisa terlaksana," kata Mahyeldi.

Baca juga: Mudik Lebaran, Mahyeldi: Perbaikan Jalan Nasional yang Rusak Akibat Banjir Tuntas H-7

Sebelumnya, Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin RI, Yedi Sabaryadi menyampaikan rasa bangganya, atas kelulusan 138 siswa SMK SMTI, dimana 69 siswa di antaranya telah diterima bekerja, 5 orang berwirausaha dan 20 orang melanjutkan pendidikan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: