Dinas Pariwisata Sumbar akan Gelar Digital Creativity Festival, Ini Targetnya

Sabtu, 15 Oktober 2022, 17:53 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Dinas Pariwisata Sumbar akan Gelar Digital Creativity Festival, Ini Targetnya
Kepala Dinas Pariwwisata Sumbar, Luhur Budianda

PADANG (15/10/2022) - Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat kian menunjukkan keseriusan dalam memajukan sektor ekonomi kreatif demi menunjang kemajuan pariwisata.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan memperhatikan subsektor-subsektor yang masih minim sentuhan. Salah satunya adalah subsektor yang berkaitan dengan dunia digital.

Kepala Dinas Pariwwisata Sumbar, Luhur Budianda mengatakan, pihaknya akan segera mengumpulkan data terkait pelaku ekonomi kreatif di rumpun digital, melalui penyelenggaraan sebuah iven.

"Insya Allah pada November 2022 nanti kita akan laksanakan sebuah iven bertajuk Sumbar Digital Creativity Festival. Dalam kegiatan ini kita akan rangkul para pelaku ekonomi kreatif yang berbasis digital dari setiap kabupaten kota yang ada," katanya.

Baca juga: Sandiaga Uno Buka Sumarak Ramadhan, Mahyeldi: Pemprov Komit Perkuat Industri Pariwisata Halal

Dibalik maksud tersebut, ternyata terselip niat untuk meruntuhkan pandangan lama bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan teknologi, seakan-akan hanya dimiliki mereka yang tinggal di perkotaan.

"Dunia digital sudah merambah kemana-mana. Kemajuan dunia kreatif pada bidang digital tidak hanya di kota-kota seperti Padang atau Bukittinggi saja."

"Kami sangat yakin di kabupaten-kabupaten yang ada para pelaku digital juga terus bergerak. Namun mereka belum mendapat ruang untuk unjuk karya. Karena itulah festival ini kita laksanakan," sebutnya.

Melalui kerjasama dengan Dinas Pariwisata yang ada di 19 Kabupaten/Kota di Sumbar, para peserta akan dijaring untuk dipertemukan pada puncak acara pertengahan November nanti.

Baca juga: Gedung Halal Tourism Hub Buya Hamka 50 Persen Rampung, Pengelolaan melalui Skema Wakaf

"Pelaku kreatif digital kita masih banyak yang bersifat individual. Hal ini disampaikan sendiri oleh mereka kepada kami pada beberapa kesempatan. Yang bermain di dunia fotografi, videografi, maupun desain komunikasi visual saat ini masih bersifat individu-individu," ungkapnya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: