Nevi Zuairina Ingatkan Dampak Negatif Pemakaian Gadget Berlebihan

Minggu, 16 Oktober 2022, 21:27 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Nevi Zuairina Ingatkan Dampak Negatif Pemakaian Gadget Berlebihan
Seminar Parenting yang digelar Yayasan Ainurrahmah Pasaman Barat, di aula kantor bupati Pasaman Barat, Ahad menghadirkan Anggota Fraksi PKS DPR RI, Nevi Zuairina.

PASAMAN BARAT (16/10/2022) - Anggota Fraksi PKS DPR RI, Nevi Zuairina jadi salah satu narasumber utama pada Seminar Parenting yang digelar oleh Yayasan Ainurrahmah Pasaman Barat, di aula kantor bupati Pasaman Barat.

Nevi menyampaikan, pada seminar bertajuk "Komunikasi efektif orang tua dan anak di era digital," ada dua hal yang mesti diperhatikan akibat pemakaian gadget oleh anak yang berlebihan.

Karena, hal ini akan sangat mempengaruhi pada tumbuh kembang anak. Yang pertama dari segi kesehatan fisik dan mental serta yang kedua dari segi kesehatan akhlak.

"Tak bisa dipungkiri, kehidupan anak zaman sekarang begitu akrab dengan teknologi digital. Gadget tidak lagi menjadi barang asing, termasuk bagi anak-anak. Kehadiran gadget bisa memudahkan kehidupan manusia, mulai dari membantu bekerja, belajar, berbelanja atau sekadar mencari hiburan," ungkap Nevi.

Baca juga: Nevi Zuairina Serahkan TJSL Semen Padang di 5 Titik

"Namun ada juga dampak negatif dari gadget ini, sehingga para orang tua harus hati-hati dan disiplin mengarahkan dan membatasi anak-anak dalam penggunaan gadget. Karena ternyata bisa meningkatkan risiko kecanduan," urai Nevi yang dipercaya partainya duduk di Komisi VI DPR RI itu.

Legislator asal Sumatera Barat II ini mengingatkan, pendidikan anak di usia dini jadi investasi bersama guna melahirkan generasi yang berakhlak, berkarakter, mencintai al Quran serta memiliki iman taqwa yang kuat dan diaplikasikan dalam keseharian bersama keluarga tercinta.

Nevi menambahkan, para orang tua mesti memperhatikan setiap perilaku anak yang dimungkinkan akibat penggunaan gadget seperti kurang tidur, kondisi mata yang berubah dan obesitas karena anak cenderung malas gerak.

"Selain ciri fisik yang mulai berubah akibat gadget, secara mental dampak buruk pemakaian gadget yang berlebihan adalah mengganggu kesehatan mental. Kecanduan gadget memicu efek samping berbahaya seperti meningkatkan risiko depresi, gangguan kecemasan, sulit fokus, kepribadian bipolar, psikosis dan perilaku bermasalah lainnya," ungkap Nevi.

Baca juga: Nevi Zuairina Minta Regulasi Perkoperasian Mampu Mengurai Persoalan

Menurutnya, hal ini juga dapat memicu sifat agresif anak. "Kecanduan gadget juga bisa membuat anak kesulitan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan meningkatkan risiko perasaan kesepian," jelas Nevi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: