Lima Nagari di Kabupaten Agam Jalankan Program Kampung Inggris, Ini Syarat Calon Peserta

Minggu, 16 Oktober 2022, 22:02 WIB | Gaya Hidup | Kab. Agam
Lima Nagari di Kabupaten Agam Jalankan Program Kampung Inggris, Ini Syarat Calon Peserta
Ilustrasi Kampung Inggris.

AGAM (16/10/2022) - Pemkab Agam membuka penerimaan peserta program Kampung Inggris. Pendaftaran peserta dimulai pada 12 hingga 20 Oktober 2022. Calon peserta dapat mendaftarkan diri ke kantor wali nagari yang jadi pengelola Kampung Inggris.

"Program ini baru pilot project, jadi baru ada di lima nagari yakni Nagari Gadut, Biaro Gadang, Batu Palano, Lawang dan Manggopoh," ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Isra, Ahad.

Dikatakan, program ini baru diluncurkan beberapa bulan lalu. Setiap nagari pilot project Kampung Inggris, terangnya, akan menerima sebanyak 30 orang peserta.

Syarat peserta antara lain laki-laki atau perempuan berusia antara 16 sampai dengan 35 tahun, berbakat dalam penguasaan Bahasa Inggris.

Baca juga: Bupati Agam Rangkul Ruang Guru Optimalkan Program Kampung Inggris

Isra melanjutkan, peserta program ini diprioritaskan bagi anak nagari atau penduduk nagari yang berasal dari kecamatan di mana Kampung Inggris berlokasi yang dibuktikan dengan KTP/KK.

"Selain itu, diprioritaskan pula kepada anak-anak dari kalangan anak yatim atau piatu atau ditinggal bapak atau dari keluarga tidak mampu," terangnya.

Untuk seleksi peserta, katanya, akan dilangsungkan pada 21 hingga 22 Oktober 2022. Sementara, proses pembelajaran dimulai pada 1 hingga 15 November 2022.

Diterangkan, program Kampung Inggris Agam difokuskan pada penguasaan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris (English Speaking Skill) khususnya level intermediate atau menengah.

Baca juga: 48 Peserta Ikuti Festival Kampung Inggris I, Ini 7 Target yang ingin Dicapai

Dalam kompetensi Bahasa Inggris ini, terbagi 5 level yaitu basic atau dasar, beginner atau pemula, pre-intermediate atau pra menengah, intermediate atau menengah dan advanced atau tingkat lanjut.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: