Wali Kota Batam Undang Menteri Perdagangan Singapura, Ini yang Dibicarakan

Al Imran | Jumat, 14-10-2022 | 23:01 WIB | 332 klik | Nasional
<p>Wali Kota Batam Undang Menteri Perdagangan Singapura, Ini yang Dibicarakan<p>

Wali Kota Batam, Kepri, Muhammad Rudi bersama Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong, di Batam, Kamis malam. Banyak hal dibicarakan dalam pertemuan penjajakan bisnis itu. (humas)

BATAM (13/10/2022) - Wali Kota Batam, Kepri, Muhammad Rudi paparkan potensi daerah yang dipimpinnya itu di segala sektor, termasuk pengembangan pendidikan hingga penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat bertemu Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong, di Batam, Kamis malam.

Dalam pertemuan dengan jamuan makan malam di Wei Wei Restaurant Harbour Bay tersebut, Rudi dan Kim Yong membahas potensi dan rencana pengembangan kerjasama antara Batam dan Singapura.

"Banyak yang dibincangkan mulai pariwisata, industri, perdagangan hingga pengembangan green energy," ujar Rudi, Jumat siang.


Menurut Rudi, banyak potensi yang bisa dikembangkan bersama Singapura. "Kami akan terus menjalin kerja sama dan mengembangkan potensi kedua wilayah," kata Rudi yang juga Ketua Badan Pengusahaan (BP) Batam tersebut.

Muhammad Rudi menuturkan, melalui BP Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam, Rudi menggandeng Port Of Singapore Authority (PSA) untuk membenahi Pelabuhan Batuampar, terutama dalam upaya menekan biaya logistik di pelabuhan.

"MoU akan ditandatangani kedua pihak dalam waktu dekat," ujar Muhammad Rudi.

Kemudian, juga dibahas peluang investasi pengembangan Data Centre dan industri digital, seperti diketahui Perusahaan asal Singapura, Data Center First memulai pembangunan pusat data Nongsa One seluas 2,57 hektare di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa, Nongsa Digital Park (NDP) Kota Batam.

NDP menjadi tempat alternatif terbaik karena terletak di lokasi yang bebas dari bencana alam serta dapat ikut melindungi ekonomi digital Indonesia yang berkembang pesat, sehingga menjadikan Batam sebagai 'persimpangan dunia digital.'

Turut hadir mendampingi pejabat BP Batam, Wan Darussalam, Dendi Gustinandar, Astuty Sirait dan dari Pemko Batam Azril Apriansyah serta Konjen Singapura Gavin Ang. (pl2)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar