Dana Bantuan Gempa Pasbar Cair, Kategori Rusak Berat Dibantu Rp50 Juta

Senin, 17 Oktober 2022, 11:01 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Dana Bantuan Gempa Pasbar Cair, Kategori Rusak Berat Dibantu Rp50 Juta
Kepala BNPB, Suharyanto bersama Mahyeldi (gubernur Sumbar), Hamsuardi (bupati Pasbar) dan jajaran lainnya, meninjau lokasi gempa yang akan dibantu pemerintah pusat, Ahad. (robi irwan)

PASAMAN BARAT (17/10/2022) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Suharyanto melakukan kunjungan kerja dan monitoring serta evaluasi penanggulangan bencana alam gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat, Ahad (16/10/2022).

Dalam kunjungan juga hadir Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan, Iwan Taufiq Purwanto, Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan stakeholder terkait lainnya.

Kunjungan rombongan pusat dan provinsi ini disambut Bupati Pasbar Hamsuardi, Wakil Bupati Risnawanto, Forkopimda dan stakeholder terkait.

Suharyanto menyampaikan, sebanyak 1.111 unit rumah rusak berat di Kabupaten Pasaman Barat akibat bencana gempa yang terjadi pada 25 Februari lalu, akan dibantu pemerintah pusat.

Baca juga: 7 Bulan Menjabat, Zefnihan Digantikan Fauzan Hasan jadi Pj Wali Kota Sawahlunto, Ini Pesan Mahyeldi

"Saat ini, pembangunan sudah dimulai dengan sistem Aplikator Reimburse dengan dana sebesar Rp27,775 miliar. Dana ini sudah diterima Pemkab Pasbar," ungkap Suharyanto.

Suharyanto menegaskan, setiap daerah harus memahami kondisi daerahnya masing-masing, sehingga ketika terjadi bencana, penanganan dapat segera ditangani dan tidak memerlukan waktu lama.

"Ketika terjadi bencana kita harus cepat tanggap, lakukan gerakan dengan cepat, data korban dan kerugian dengan cepat. Jangan buat masyarakat lama menunggu," katanya.

Karena kejadian gempa di Pasbar, lanjut Suharyanto, sudah 8 bulan lamanya. Jangan sampai penanganan yang ini belum tuntas, sudah datang lagi bencana yang lain.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

"Sebagai pelayanan masyarakat, kita harus cepat tanggap," tegasnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: