Seleksi Panwascam Pessel: Ujian CAT Hari ini, Diumumkan Lusa

Al Imran | Senin, 17-10-2022 | 17:33 WIB | 491 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>Seleksi Panwascam Pessel: Ujian CAT Hari ini, Diumumkan Lusa<p>

Tes tertulis calon anggota Panwascam Pessel sistem online (CAT) di SMKN 1 Painan, Sabtu 15 Oktober 2022. (tusrisep)

PESISIR SELATAN (17/10/2022) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, selesai melaksanakan ujian tertulis pada calon anggota Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam), untuk 15 kecamatan di daerah itu.

Ujian tulis dengan sistim Computer Assisted Test (CAT), berlokasi di Labor Komputer SMKN 1 Painan pada Sabtu dan Ahad (15-16 Oktober 2022).

Namun, hasil ujian tertulis berbasis online (berjaringan), tidak diumumkan di hari itu.


Dari pengumuman panitia pelaksana (Bawaslu Pessel), kelulusan peserta diumumkan pada Selasa 18 Oktober 2022.

"Ujian hari ini, keluar rekap hasilnya lusa (dua hari)," ucap Gapuak (nama panggilan), peserta tes CAT di SMKN, Senin.

Anehnya, sambung dia, setiap peserta bisa mengetahui hasil ujian (nilai), karena tertera di masing-masing layar komputer.

"Kalau setiap peserta ujian CAT bisa mengetahui hasil (nilai) di saat itu, kenapa panitia harus mengundur pengumuman selama dua hari," tanya Gapuak, diamini Boy (nama panggilan), sesama peserta tes CAT Panwascam.

"Idealnya, kalau pakai sistem CAT (online/berjaringan), diumumkan saja langsung disaat itu, clear kan, kita peserta bisa lega dan tidak ada prasangka negatif ke panitia pelaksana," tambah Boy.

Selain itu, terang dia, dilihat sistem CAT yang dipakai mengarah ke pola website (bukan pakai server lokal).

Pola (sistem) ini jelas ber-password dan sangat bisa digunakan via handpone berbasis android.

"Ini jelas riskan, karena bisa saja digunakan diluar kelas peserta ujian. Dan, kemungkinan kecurangan tes pakai joki dilakukan oknum peserta pun bisa saja terjadi," ujar Boy.

Sesuai Panduan

Ketua Bawaslu Pessel, Erman Wadison membenarkan, kalau hasil ujian tulis CAT diumumkan Selasa 18 Oktober 2022, sesuai jadwal diumumkan ke peserta.

"Kami (Bawaslu Pessel) bekerja sesuai acuan diberikan Bawaslu RI," ujarnya.

Sebab, sambung dia, tata cara pelaksanaan ujian tertulis ini, sudah diatur dalam Keputusan Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) nomor: 354/HK.01/K1/10/2022 tentang Perubahan Keputusan Ketua Bawaslu Nomor: 314/HK.01.00/K1/09/2022 tentang Pedoman Pembentukan Panitia Pengawas Kecamatan Dalam Pemilu Serentak 2024.

"Terkait hasil tes CAT, tetap mengacu kepada hal tersebut di atas. Dimana, kami (Bawaslu Pessel) hanya menunggu hasil ujian dari pihak Bawaslu Provinsi, termasuk nama-nama mereka yang lolos tes CAT (6 orang per kecamatan)," jelas Erman Wadison.

Total peserta terdaftar ikut ujian tulis CAT calon Panwascam se-Kabupaten Pessel (15 kecamatan) berjumlah 488 orang.

Dari total 488 orang tersebut, akan disaring jadi 90 orang. Dengan rincian kelulusan hanya untuk 6 orang per kecamatan.

Dari yang 90 orang tadi, yang kemudian akan mengikuti tes lanjutan (tes wawancara).

"Nantinya, akan diperoleh hasil 3 orang per kecamatan, untuk dilantik jadi anggota Panwascam," terang Erman Wadison.

Dilansir dari Keputusan Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) nomor: 354/HK.01/K1/10/2022, tentang Perubahan Keputusan Ketua Bawaslu nomor: 314/HK.01.00/K1/09/2022 tentang Pedoman Pembentukan Panitia Pengawas Kecamatan Dalam Pemilu Serentak 2024.

Pada Bagian V tentang Proses Pembentukan, terutama pada Huruf F tentang Tes Tertulis dan Tes Wawancara.

Pada poin 4 huruf M berbunyi: Bawaslu Provinsi menyerahkan daftar nama dan nilai seluruh peserta tes tulis kepada Bawaslu Kabupaten/Kota melalui Pokja, berdasarkan daftar nilai peserta tiap kecamatan.

Lalu pada huruf N: Pokja memfasilitasi Bawaslu Kabupaten/Kota untuk melaksanakan rapat pleno penetapan nama 6 besar peserta tes tulis di setiap kecamatan.

Ilustrasinya, kalau dilihat dari bunyi surat di atas, jelas bertolak belakang dari keterangan Bawaslu Pessel.

Konsistensi Aturan

Dr Asrinaldi, pengamat politik Universitas Andalas Padang menerangkan, Bawaslu harus konsisten dengan aturan yang dibuatnya.

"Karena kalau konsisten, tidak akan menimbulkan pertanyaan dan dugaan," terangnya di Painan, usai menghadiri acara KPU Pessel bertajuk Rapat Konsolidasi Daerah Menyonsong Pemilu Pemilu 2024, Senin (18/10/2022). (tsp)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar