Persiapan Revitalisasi Fase VII Pasar Raya Padang Dimatangkan, Kebutuhan Dana Capai Rp127 Miliar

Selasa, 18 Oktober 2022, 17:56 WIB | Bisnis | Kota Padang
Persiapan Revitalisasi Fase VII Pasar Raya Padang Dimatangkan, Kebutuhan Dana Capai Rp127...
Sekda Padang, Andree Algamar bersama Kepala BPPW Sumbar, Kusworo Darpito pada rapat pembahasan rencana pembangunan Fase VII Pasar Raya Padang yang rusak berat akibat gempa 2009 lalu di Padang, Senin. (humas)

PADANG (17/10/2022) - Bangunan Fase VII Pasar Raya Padang, akan segera direvitalisasi dengan bantuan Kementerian PUPR.

"Besar anggaran pembangunan fisik, tergantung hasil review Detail Engineering Design (DED) yang sekarang sedang berlangsung. Diperkirakan mencapai Rp127 miliar," ungkap Sekda Padang, Andree Algamar usai rapat bersama Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Barat di Padang, Senin.

Dikatakan, rapat ini diantaranya membahas readiness criteria (RC) untuk dapat memulai pelaksanaan pembangunan Fase VII Pasar Raya Padang. diketahui, Fase VII ini mengalami kerusakan yang cukup berat akibat gempa bumi tahun 2009 silam.

Andree menyebut, revitalisasi Fase VII Pasar Raya Padang sudah diupayakan sejak pasca gempa 2009. Karena keterbatasan anggaran dan lainnya, pembangunan belum mampu dilakukan.

Baca juga: Bukittinggi Raih Penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan, Ini Alasannya

"Insya Allah di 2023 mendatang, akan dimulai pembangunannya berkat dukungan Kementerian PUPR. Semoga, setelah direvitalisasinya bangunan Fase VII ini, pedagang akan berjualan dengan nyaman dan pembeli pun senang berbelanja. Semoga geliat jual beli kembali bangkit," harapnya.

Dia menekankan pada OPD terkait, untuk menyiapkan segala item yang mesti dipenuhi agar pembangunan Fase VII bisa segera dimulai.

"Kita harus segera menyiapkan RC pembangunan Fase VII ini. Semoga di awal 2023 pembangunan fisik gedung bisa dimulai," harap Andree.

Sementara, Kepala BPPW Sumbar, Kusworo Darpito menuturkan, pihaknya siap mendukung penuh pelaksanaan pembangunan Fase VII Pasar Raya Padang tersebut.

Baca juga: BPOM Payakumbuh Sosialisasikan Pro-PN Keamanan Pangan di Bukittinggi, Ini Lokasinya

Terkait pembangunan Fase VII, ia menyebut, akan dibangun gedung dengan tiga lantai dan dilengkapi semi basement. Lama pembangunan diperkirkan maksimal dua tahun pengerjaan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: