Pessel Beli 1 Unit Truk Amroll dan Betor Sampah Senilai Rp632,5 Juta

Al Imran | Rabu, 19-10-2022 | 18:00 WIB | 270 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>Pessel Beli 1 Unit Truk Amroll dan Betor Sampah Senilai Rp632,5 Juta<p>

Truk armroll berikut kontainer sampah yang dibeli Pemkab Pessel melalui pengadaan tahun 2022 ini. (tusrisep)

PESISIR SELATAN (20/10/2022) - Pemkab Pesisir Selatan, Sumatera Barat, beli 2 unit kendaraan pengangkut sampah senilai Rp632,5 juta pada tahun anggaran 2002 ini. Kendaraan ini merupakan upaya fasilitasi pengangkutan sampah masyarakat.

"Kendaraan pengangkut sampah yang dibeli itu berupa 1 unit mobil truk sampah (armroll) berikut kontainer sampahnya dan 1 unit becak motor," ungkap Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup, Mukhridal didampingi, Susmiar Derita (Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan), di Painan, Rabu.

Untuk mobil truk armroll plus kontainer, sambungnya, dibeli merek isuzu seharga Rp591,5 juta. Sedangkan becak motor merek Viar, seharga Rp41 juta.


"Kedua unit kendaraan ini sudah selesai pengadaannya, bahkan sudah dipakai beroperasi mengangkut sampah-sampah asal rumah tangga masyarakat," ucap Susmiar.

Sementara, lanjut dia, pengoperasian ke dua unit kendaraan beda jenis tersebut untuk kota Painan, ibu kabupaten Pessel.

"Namun, bisa saja nantinya dirolling ke kecamatan-kecamatan lain," ujar Susmiar.

Butuh Banyak

Menyoal kebutuhan, terang Susmiar, Pemkab Pessel masih butuh banyak kendaraan (mobil armroll) pengangkut sampah.

Permintaan tadi, masuk dari kecamatan-kecamatan terutama pasar-pasar mingguan di nagari (desa adat).

"Karena mulai kewalahan mengatasi penumpukan sampah di lokasi," ujar Susmiar.

Selain itu, jumlah becak motor pengangkut sampah juga masih terbatas. "Becak motor, juga butuh penambahan, dimana dari armada tersedia, pelayanan belum optimal," ucap Susmiar.

Data pihak terkait, kuota sampah yang baru terlayani dan masuk ke TPA Gunung Bungkuk, Nagari Lumpo, Kecamatan IV Jurai berkisar 30 ton/hari.

Sampah masuk berasal dari Painan dan sebagian dari Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, Batang Kapas, Balai Selasa, dan Lengayang.

TPA berasal dari bantuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Mulai beroperasi tahun 2016, dengan total luas 2,7 hektare. (tsp)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar