Kelurahan Kampung Lapai Bentuk Kampung KB Mantap

Al Imran | Kamis, 20-10-2022 | 10:10 WIB | 202 klik | Kota Padang
<p>Kelurahan Kampung Lapai Bentuk Kampung KB Mantap<p>

Lurah Kampung Lapai, Wahyudi Edward bersama Sonny Affandi (ketua LPM) dan jajaran, foto bersama usai pembentukan Kampung KB Mantap Kelurahan Kampung Lapai, Rabu. (veri rikiyanto)

PADANG (19/10/2022) - Ketua RW II Kelurahan Kampung Lapai, Kecamatan Nanggalo, Zaidani, terpilih secara aklamasi sebagai ketua Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) "Mantap" kelurahan Kampung Lapai.

Lurah Kampung Lapai, Wahyudi Edward menyambut baik terbentuknya Kampung Keluarga Berkualitas di wilayahnya.

Menurut Wahyudi, Kampung KB yang diberi nama "Mantap" (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah, Profesional), diharapkan dapat jadi mitra pemerintah kelurahan dalam mengentaskan permasalahan-permasalan sosial yang ada di tengah masyarakat Kampung Lapai.


"Dengan adanya Kampung KB, maka dapat bersama memantau permasalahan sosial, mengupayakan penanganan serta juga bersama menggali potensi yang ada di wilayah Kampung Lapai," ujar Wahyudi.

Sementara, Ketua LPM Kampung Lapai, Sonny Affandi mengatakan, siap mendukung program-program yang akan dijalankan oleh Kampung KB, guna percepatan pengentasan permasalahan maupun upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di segala sektor.

"Kampung KB lahir dari inisiasi dan keinginan warga untuk mengembangkan potensi wilayah, dalam menjawab tantangan pembangunan, ini tentu sejalan dengan program LPM yakni memberdayakan masyarakat," ujar Sonny.

Menurut Sonny, kelurahan Kampung Lapai memiliki banyak potensi yang perlu lebih dikembangkan, baik potensi ekonomi dan sosial budaya.

"Kita berharap dengan terbentuknya Kampung KB Mantap, dapat jadi wadah bagi warga Kampung Lapai dalam mengeksplore potensi dan menjadikan Kelurahan Kampuang Lapai semakin Tacelak," tambah Sonny.

DP3AP2KB Padang Apresiasi Terbentuknya Kampung KB Kelurahan Kampung Lapai

Sementara, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk (Kabid Dalduk) DP3AP2KB Padang, Andi Amir mengapresiasi terbentuknya Kampung KB di Kelurahan Lapai.

Ia menekankan, sesuai dengan Instruksi Presiden yang diperkuat dengan instruksi wali kota Padang, guna percepatan pembangunan maka setiap kelurahan memiliki satu Kampung KB.

Menurut Andi, sesuai namanya, keberadaan Kampung Keluarga Berkualitas memang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sebuah keluarga, dengan merencanakan keluarga mulai dari kesehatan, ekonomi hingga pendidikan.

"Kampung KB merupakan gerbang masuknya berbagai intervensi pembangunan, baik oleh pemerintah, BUMN, BUMD, swasta maupun melalui dana pokok pikiran dewan," ujar Andi.

Andi mengingatkan, hal yang terpenting dari sebuah Kampung KB adalah keberadaan Rumah Data, karena di sanalah terpampang dengan jelas kondisi sebuah wilayah, permasalahan serta potensi wilayah maupun potensi masyarakat itu sendiri.

Untuk itu, ia berharap, pengurus Kampung KB agar selalu memperbaharui data yang ada di Rumah Data, sehingga progress kegiatan tergambar, sehingga penanganan permasalahan lebih tepat sasaran.

Kampung KB juga berfungsi membantu peningkatan ekonomi masyarakat, melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA), dengan memberikan pelatihan keterampilan, serta pengembangan UMKM, maupun bantuan lainnya dari dinas terkait seperti bantuan bibit pertanian dan peternakan.

"Intinya, sesuai nama, Kampung KB merupakan upaya pemerintah guna menciptakan keluarga yang berkualitas, berbasis potensi dan kearifan lokal," tukas Andi. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar