17 Daerah Ikuti Daily Muslim Wear Design Contest, Karya Limapuluh Kota jadi yang Terbaik

Kamis, 20 Oktober 2022, 11:10 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
17 Daerah Ikuti Daily Muslim Wear Design Contest, Karya Limapuluh Kota jadi yang Terbaik
Ketua Dekranasda Sumbar, Hj Harneli Bahar.

PADANG (19/10/2022) -Dekranasda Sumatera Barat menggelar lomba Daily Muslim Wear Design Contest khusus muslimah di Padang, Rabu. Event ini diikuti 17 Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

"Event ini digelar dalam rangka penguatan inovasi, menggali, melestarikan, dan mengembangkan warisan budaya Minang," ungkap Ketua Dekranasda Sumbar, Hj Harneli Bahar saat membuka event ini.

Diketahui, industri fashion muslim di Indonesia, khususnya Sumatera Barat tak lagi dipandang sebelah mata, apalagi Indonesia termasuk salah satu penduduk muslim terbanyak yang digadangkan memiliki peluang besar jadi kiblat fashion muslim dunia.

Kegiatan ini mengangkat tema pemakaian muslim harian dengan outer yang dikombinasikan dengan hasil kerajinan daerah seperti tenun, rajut, sulam, dan bordir.

Baca juga: Kader PKK Lakukan Gerakan Penghijauan di Lubuk Basung

Kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat.

Harneli mengatakan, kegiatan Daily Muslim Wear Design Contest ini juga turut meningkatkan kreatifitas dan inovasi para designer di Sumbar serta sebagai ajang bersinergi para UMKM dengan designer untuk menghasilkan karya busana yang trendy, namun tidak menghilangkan ciri khas Minangkabau dan pakaian muslim itu sendiri.

"Event ini bertujuan untuk memajukan para pengrajin-pengrajin yang ada di sumbar, apalagi design baju Silungkang Kota Sawahlunto yang berbahan lurik," ungkapnya.

"Ternyata, bahan lurik tersebut cocok juga dikenakan sebagai baju daily tidak hanya untuk kondangan saja, ini sangat unik sekali," pujinya.

Baca juga: Raup 15 Medali, Kontingan Sumbar Duduki Peringkat II PeSONas

Menurutnya, peran designer dalam sektor industri fashion sangatlah penting, mengingat hasil produk UMKM di Sumbar tidak akan maju tanpa hasil olahan serta sinergi dengan para designer.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: