Sengkarut 284 Hektar Eks Lapangan Terbang Gadut Mulai Temui Titik Terang

Al Imran | Kamis, 20-10-2022 | 17:27 WIB | 215 klik | Kab. Agam
<p>Sengkarut 284 Hektar Eks Lapangan Terbang Gadut Mulai Temui Titik Terang<p>

Bupati Agam, Andri Warman saat membuka rapat integrasi penataan aset dan akses reforma agraria, di Mess Pemkab Agam, Kamis. (humas)

BUKITTINGGI (20/10/2022) - Bupati Agam, Andri Warman mengungkapkan, tanah seluas 284 hektar eks lapangan terbang Gadut, sudah mulai ada titik terangnya.

"Dari hasil survei lapangan, datanya sudah semakin lengkap. Semoga pemerintah pusat nanti menyikapinya secara win-win solution," harap Andri Warman saat buka rapat integrasi penataan aset dan akses reforma, di Mess Pemkab Agam, Kamis.

Andri Warman juga terus dorong Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA), untuk selesaikan persoalan tanah eks lapangan terbang Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang.


"Kita harus bergerak cepat, bagaimana persoalan tanah ini bisa segera diatasi," ujar Andri Warman.

Dalam penataan aset yang dilakukan Kantor Pertanahan Agam, katanya, tidak ada pihak yang dirugikan baik TNI AU maupun Pemkab Agam dan masyarakat.

Untuk itu, dia berupaya, bagaimana eks lapangan terbang Gadut bisa segera miliki legalisasi aset.

Pada kesempatan itu, dia mengatakan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat di bidang pertanahan.

Hal ini tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui konsep reforma agraria seperti, aset, dan akses reforma.

"Aset reforma diimplementasikan dengan legalisasi aset dan restribusi penguatan hak, melalui sertifikasi hak atas tanah," kata Andri Warman.

Sedangkan akses reforma, diimplementasikan melalui pembukaan akses sumber ekonomi bagi Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA), dengan mengoptimalkan pemanfaatannya melalui pemanfaatan sertifikasi hak atas tanah.

"Ini untuk menjadikan masyarakat yang mandiri, maju, adil dan makmur melalui percepatan sinkronisasi penataan aset dan akses reforma," sebutnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar