Jelang Munas Perdana Akhir November, PJS Audiensi dengan Dewan Pers

Kamis, 20 Oktober 2022, 17:44 WIB | News | Nasional
Jelang Munas Perdana Akhir November, PJS Audiensi dengan Dewan Pers
Plt Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya menerima audiensi Ketua PJS, Mahmud Marhaba beserta jajaran, Kamis.

JAKARTA (20/10/2022) - Dewan Pers menyambut baik kehadiran Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pendidikan jurnalis dan mendorong semangat jurnalis untuk bisa jadi jurnalis yang kompeten dan profesional.

Plt Ketua Dewan Pers, Agung Dharmajaya mengatakan, organisasi manapun yang memiliki tujuan untuk mendorong kebebasan pers dan sejalan dengan tujuan dan cita-cita Dewan Pers akan diterima dan didukung.

"Kami mengapresiasi kepada siapapun itu organisasi yang mendorong kemerdekaan dan kebebasan pers. Di situ PJS mengambil peran, dimana mendorong dan meningkatkan jurnalis siber agar tunduk dan patuh terhadap Kode Etik Jurnalistik," kata Agung saat menerima audiensi dengan PJS di Gedung Dewan Pers, Kamis.

Ditambahkannya, Dewan Pers membuka peluang sebesar-besarnya kepada organisasi manapun yang ingin menjadi organisasi profesional dengan memenuhi ketentuan dari Dewan Pers.

Baca juga: DPP PJS Bahas Pelaksanaan HUT, Tiga Agenda Besar Dimatangkan

"Menjadi konstituen tentunya ada aturan dan ketentuan, sepanjang ketentuan dan aturan yang berlaku maka rasanya memungkinkan menjadi konstituen Dewan Pers," katanya.

Sementara itu, Plt Ketua Umum Pemerhati Jurnalis Siber (PJS), Mahmud Marhaba dalam sambutannya mengatakan, jika sejak awal dirinya bersama teman-teman yang se-visi menggagas lahirnya PJS sudah memberi batasan jika PJS merekrut anggota bukan dari anggota organisasi sejenis.

"Kami telah membuat kesepakatan jika seluruh anggota PJS adalah mereka yang bukan merupakan anggota dari organisasi pers yang sejenis, sehingga kehadiran PJS di tengah-tengah masyarakat tidak menimbulkan kegaduhan," tegas Mahmud yang didampingi Ketua Panitia Munas I PJS, Ridwan Mooduto bersama anggota panitia lainnya.

Mahmud yang juga Ahli Pers Dewan Pers itu mengatakan, PJS siap mendukung tujuan dan cita-cita Dewan Pers yakni menjadikan jurnalis kompeten dan profesional.

Baca juga: UPN Veteran akan Gelar UKW Gratis di 5 Provinsi, Ini Link Pendaftarannya

"Kehadiran PJS tentunya mau bergandengan tangan mendukung dan bersama-sama dengan Dewan Pers untuk mewujudkan jurnalis yang baik dan benar, bukan hanya sekadar memahami kaidah penulisan berita," terangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: