80 Juta Penduduk Indonesia belum Tersentuh Layanan Perbankan, Ini Kata Nevi Zuairina

Jumat, 21 Oktober 2022, 07:52 WIB | Bisnis | Kab. Agam
80 Juta Penduduk Indonesia belum Tersentuh Layanan Perbankan, Ini Kata Nevi Zuairina
Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina jadi pembicara pada sosialisasi BUMN sebagai pendorong inklusi keuangan dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat di aula Kerapatan Adat Nagari Lubuk Basung, Agam.

AGAM (20/10/2022) - Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina menggelar sosialisasi BUMN sebagai pendorong inklusi keuangan dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat di aula Kerapatan Adat Nagari Lubuk Basung, Agam, Sumatera Barat.

Sosialisasi yang juga pelatihan untuk lebih memahami Inklusi keuangan yakni ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dihadiri peserta lebih kurang 100 orang.

"Literasi keuangan bagi para individu dan pelaku usaha dapat berdampak dengan peningkatan kemampuan untuk mengakses produk dan layanan keuangan seperti transaction, payments, savings, kredit dan insurance," tutur Nevi.

Politisi PKS ini menambahkan, dari beberapa hal, terjadi peningkatan inklusi keuangan dalam akses fasilitasi kehidupan sehari-hari, membantu keluarga dan perencanaan bisnis dari awal memulai hingga tujuan jangka panjang demi menghindari keadaan darurat yang tidak terduga.

Baca juga: Nevi Zuairina Serahkan TJSL Semen Padang di 5 Titik

"Inklusi keuangan merupakan faktor pendorong utama untuk mengurangi kemiskinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kemakmuran rakyat," ungkapannya.

Legislator asal Sumatera Barat II ini menegaskan, ada 1,2 miliar penduduk dunia saat ini tidak memiliki rekening (account), akibatnya mereka mengalami kesulitan untuk mengakses produk dan layanan keuangan dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Ia memprediksi, di Indonesia, diperkirakan lebih dari 80 juta orang dikategorikan sebagai unbanked population atau excluded population.

Kondisi inilah yang membuat masih banyak penduduk yang hidup dalam kondisi miskin.

Baca juga: Nevi Zuairina Minta Regulasi Perkoperasian Mampu Mengurai Persoalan

"Pemusatan kekayaan yang terbatas pada kelompok masyarakat tertentu telah menimbulkan masalah lebarnya kesenjangan antar penduduk dan antar daerah," tutur Nevi.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: