Ini Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal Akut pada Anak

Al Imran | Jumat, 21-10-2022 | 17:03 WIB | 242 klik | Kota Padang Panjang
<p>Ini Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal Akut pada Anak<p>

Dokter Spesialis Anak pada RSUD Padang Panjang, dr Fitriyana SpA Mbiomed. (kominfo)

PADANG PANJANG (20/10/2022) - Dokter Spesialis Anak pada RSUD Padang Panjang, dr Fitriyana SpA MBiomed menyampaikan, ada beberapa gejala awal yang mengarah kepada Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal atau Acute Kidney Injury (AKI) pada anak.

"Di antaranya, demam, gejala infeksi saluran pernapasan akut seperti batuk pilek. Atau gejala infeksi saluran cerna seperti diare dan muntah, diikuti warna urine pekat atau kecoklatan. Jumlah urine berkurang atau tidak ada urine selama 6-8 jam saat siang hari," kata dr Fitriyana Jumat menyikapi kasus gagal ginjal pada anak yang kini tengah merebak.

Dikatakan, penyebab penyakit masih dalam penelusuran dan penelitian. Ia meminta masyarakat tetap tenang dan waspada terhadap gejala tersebut.


"Kurangi aktivitas anak-anak, khususnya balita, yang memaparkan risiko infeksi seperti kerumunan, ruang tertutup, tidak menggunakan masker, dan lain lain. Jika menemukan gejala pada anak, segera konsultasikan dengan petugas kesehatan," imbaunya.

Dijelaskan, sesuai dengan imbauan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), masyarakat untuk sementara waktu untuk tidak membeli obat bebas tanpa rekomendasi tenaga kesehatan sampai didapatkan hasil investigasi menyeluruh oleh Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Mari kita semua, terapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), pola makan dengan gizi seimbang, minum yang cukup, istirahat yang cukup, olahraga yang cukup. Kurangi makanan yang terlalu tinggi gula yang akan memicu inflamasi atau peradangan," ajaknya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar