Gagal Ginjal Akut pada Anak Merebak, Ini Imbauan Erman Safar

Jumat, 21 Oktober 2022, 17:37 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Gagal Ginjal Akut pada Anak Merebak, Ini Imbauan Erman Safar
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar.

BUKITTINGGI (21/10/2022) - Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar meminta seluruh instansi kesehatan agar tetap waspada sekaligus mengambil langkah antisipasi, terkait merebaknya kasus gagal ginjal akut.

"Pengawasan dan sosialisasi harus ditingkatkan kepada masyarakat. Ini penyakit berbahaya yang bisa menimpa anak anak. Jangan berikan obat kepada anak tanpa rekomendasi dokter," ungkap Erman, Jumat.

Erman meminta, Dinas Kesehatan menggencarkan edukasi ke masyarakat. "Jika menemukan gejala tidak biasa pada anak, orang tua diharap segera membawanya ke fasilitas kesehatan terdekat," harap dia.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan, Linda Faroza mengatakan, pihaknya meningkatkan pengawasan terkait hal ini. Sejauh ini, belum ada laporan terkait kasus gagal ginjal akut ini di RSUD Bukittinggi.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Tingkat Hunian Hotel Naik 100 Persen

"Kita akan tetap meningkatkan kewaspadaan. Karena, sejumlah kasus, terungkap ada di Rumah Sakit M Djamil Padang," ungkap Linda.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Sumbar mengumumkan sebanyak 12 anak meninggal dunia akibat mengidap kasus gagal ginjal akut misterius.

Kasus ini didominasi anak usia 1 hingga 5 tahun dengan gejala klinis berupa demam, diare dan infeksi saluran pernafasan. Kemudian, gejalanya berkembang menjadi gagal ginjal. (ham)

Baca juga: Seminggu Liburan Idul Fitri 1445 H, Bukittinggi Raup PAD Rp2,2 Miliar

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: