Nevi Zuairina Tantang BUMN Mampu Bersaing secara Global

Al Imran | Sabtu, 22-10-2022 | 14:24 WIB | 211 klik | Nasional
<p>Nevi Zuairina Tantang BUMN Mampu Bersaing secara Global<p>

Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina menyerahkan cenderamata mata usai bertemu dengan pelaku UMKM binaan BUMN di Sumatera Barat, Jumat.

PADANG (21/10/2022) - Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina pada kesempatan bertemu dengan pelaku UMKM binaan BUMN di Sumatera Barat, menyampaikan pentingnya pembina usaha dari pihak pemerintah dalam hal ini dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara.

Apalagi, menurutnya, dimasa yang akan datang, BUMN merupakan lokomotif atau pendorong kebangkitan Ekonomi terutama ekonomi kerakyatan.

"Kondisi pandemi telah menyebabkan munculnya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berimplikasi terhadap pembatasan aktivitas masyarakat," ungkap Nevi dalam sambutannya.


Menurunnya berbagai aktivitas ini, terang dia, berdampak pada kondisi sosial-ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat rentan dan miskin. Namun, alhamdulillah, kondisi saat ini semakin dekat pada keadaan endemic, sehingga menuju normal baru telah dilalui.

"Untuk itu, perlu ada pemicu kebangkitan ekonomi kerakyatan kita. Untuk itu, hadirnya kita semua di forum ini, merupakan komitmen kita kita untuk memajukan perekonomian bangsa melalui UMKM," tutur Nevi dalam sambutannya.

Legislator asal Sumatera Barat II ini mengapresiasi upaya pemerintah yakni dengan meluncurkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dengan melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai lokomotifnya.

Program ini bertujuan untuk melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi pelaku usaha dalam menjalankan usaha. Ini telah terbukti selama masa pandemi yang lalu. Saat ini, dalam menghadapi potensi resesi, tentu kita berharap BUMN bisa kembali jadi lokomotif kebangkitan ekonomi di masa yang akan datang.

"Para pelaku UMKM, di masa yang akan datang, mesti adaptif terhadap wirausaha berbasis teknologi. Saya akan terus mendorong pemerintah untuk tetap memberi bimbingan pada pelaku UMKM, karena kita semua telah memahami bahwa pelaku UMKM merupakan tulang punggung ekonomi bangsa Indonesia," ungkap Nevi.

Politisi PKS ini menguraikan, telah banyak lagi program BUMN yang mengindikasikan bahwa BUMN telah siap menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi di masa depan. Di antaranya program pertanian, dimana PT Pupuk Indonesia melalui program Makmur yang merupakan pendampingan budidaya tani melalui ekosistem yang terintegrasi untuk pemberdayaan petani hingga kini telah mencapai 148.127 hektare lahan bersama 117.995 petani.

"Untuk itu, saya Hj Nevi Zuairina sebagai anggota DPR dari fraksi PKS, mendukung penuh agar BUMN kita bisa konsisten dan memantaskan diri untuk bersaing di tataran global dan siap jadi lokomotif kebangkitan ekonomi nasional," tutup Nevi Zuairina. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar