Sekda Riau dan TPID Ikuti Rakor Virtual dengan Mendagri, Ini yang Dibahas

Senin, 24 Oktober 2022, 20:37 WIB | News | Nasional
Sekda Riau dan TPID Ikuti Rakor Virtual dengan Mendagri, Ini yang Dibahas
Sekda Riau, SF Hariyanto mengikuti rapat virtual bersama Mendagri dari di Gedung Balai Daerah Serindit, Senin. (humas)

PEKANBARU (24/10/2022) - Sekretaris Daerah (Sekda) Riau, SF Hariyanto bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) mengikuti rapat secara virtual di Gedung Balai Daerah Serindit, Senin.

Rapat virtual ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang ditindaklanjuti Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dengam menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi bersama Pemerintah Daerah.

Mengawali pertemuan, Tito yang memimpin rapat tersebut, menyampaikan kondisi angka inflasi di Indonesia saat ini berada pada 5,92 persen. Ia menambahkan, hal tersebut masih tergolong landai dibanding negara lain.

Walaupun begitu, dirinya tetap mengingatkan kepada setiap pemerintah daerah, agar tetap serius dalam bergerak kendalikan inflasi.

Baca juga: Mendagri Hadiri Puncak HUT Satpol PP dan Satlinmas, Mahyeldi Minta Status Honorer Naik jadi P3K

Oleh karena itulah, dikatakan Tito, Presiden RI Jokowi telah menyampaikan kepada Kemendagri bersama jajaran, supaya bisa mengevaluasi dan monitoring setiap mingguan pada tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Angka (inflasi) nasional merupakan penjumlahan dari langkah-langkah yang dilakukan oleh semua daerah, 548 daerah, baik provinsi, kemudian kota dan kabupaten. Semua harus bergerak bersama," katanya.

Dijelaskan, Inflasi merupakan salah satu masalah global yang jadi perhatian seluruh dunia. Itu terjadi karena dampak pasca pandemi Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina, sehingga berdampak cukup tinggi terhadap kenaikan barang dan jasa.

"Perang Rusia dan Ukraina yang hingga kini masih berlangsung juga berdampak terhadap perekonomian. Apalagi diketahui Rusia dan Ukraina adalah produsen komoditas minyak, gas alam dan gandum," jelasnya.

Baca juga: SF Hariyanto Dilantik jadi Pj Gubernur Riau, Mendagri: Perkuat SDM, Riau Kaya Sumber Daya Alam

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik, Margo Yuwono menerangkan, berbagai capaian indikator makro ekonomi Indonesia sampai semester I tahun 2022 ini, menunjukkan adanya perbaikan sampai dengan semester II tahun 2022.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: