Bukittinggi Rencanakan Bangun Pustaka dan Arsip Sejarah: Sejarah Tokoh Minang Banyak Terpinggirkan, Marfendi: Tumbuhkan Kembali Penulis Muda

Selasa, 25 Oktober 2022, 09:12 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Bukittinggi Rencanakan Bangun Pustaka dan Arsip Sejarah: Sejarah Tokoh Minang Banyak...
Wawako Bukittinggi, Marfendi membahas tulisan lawas tentang tokoh Minang bersama pendiri Rumah Sejarah Indonesia, Hadi Nur Ramadhan di Cilodong, Kota Depok, Jabar, Senin. (humas)

DEPOK (24/10/2022) - Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi Dt Basa Balimo menilai, perlu dilakukannya kaderisasi penulis muda untuk menuliskan sejarah tokoh-tokoh Minangkabau.

"Sejarah tokoh-tokoh Minang masih banyak terpinggirkan. Akhirnya, banyak generasi muda saat ini tidak mengetahui," ungkap Marfendi, saat mengunjungi Rumah Sejarah Indonesia di Cilodong, Kota Depok dan bertemu dengan sejumlah penulis, Senin.

Marfendi mengatakan, tanah Minang merupakan sumber lahirnya banyak ulama, cendekiawan dan intelektual muslim yang jasanya dirasakan oleh bangsa dan negara.

Mereka antara lain diplomat ulung Haji Agus Salim, proklamator Republik Indonesia, Bung Hatta, Perdana Menteri Mohammad Natsir hingga ulama legendaris, Buya Hamka.

Baca juga: Marfendi Berbagi Pengalaman Politik pada Buka Bersama IKTR

"Para pendiri bangsa ini banyak berasal dari tanah Minangkabau," ujar Marfendi.

Marfendi mengatakan, penulisan sejarah mengenai tokoh-tokoh Sumatera Barat ini sangat penting, karena mereka memiliki peran mendirikan NKRI.

"Jadi, sebelum pohon patah, kita harus menanamnya kembali," kata dia menganalogikan.

Pemko Bukittinggi, terang Marfendi, sangat menekankan pentingnya data sejarah dan arsip mengenai para tokoh Minang.

Baca juga: Marfendi Sampaikan Nota Pengantar Ranperda Penanaman Modal Daerah dan Ranperda PPPA

"Kami sudah merencanakan membangun pustaka dan arsip daerah untuk menempatkan arsip-arsip sejarah di Bukittinggi," terang Marfendi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: