Tindak Lanjuti Kasus Gagal Ginjal, Wako Padang Sidak Apotik di Padang Selatan

Selasa, 25 Oktober 2022, 14:11 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Tindak Lanjuti Kasus Gagal Ginjal, Wako Padang Sidak Apotik di Padang Selatan
Wali kota Padang, Hendri Septa didampingi Kadinkes Padang, Srikurnia Yati melakukan Sidak ke salah satu apotik di Kecamatan Padang Selatan, Senin. (veri rikiyanto)

PADANG (24/10/2022) - Wali Kota Padang, Hendri Septa kembali menggelar kegiatan sehari berkantor di kecamatan.

Kali ini, dia melakukan serangkaian kegiatan di Kecamatan Padang Selatan, Senin.

Setelah jadi pembina upacara dan menyerahkan KTP pemula bagi siswa-siswa di SMAN 6 Padang, Hendei menyempatkan melakukan sidak di apotik yang ada ditemui di sepanjang rute kegiatan.

Sidak ini dilakukan guna menindak lanjuti edaran Kemenkes terkait melarang peredaran sejumlah obat sirop yang mengakibatkan terjadinya kasus gagal ginjal akut terhadap anak.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Padang, dr Srikurnia Yati, Hendri melakukan melakukan pengecekan terhadap sejumlah obat sirop yang terpajang di apotik tersebut, serta mencocokkan dengan surat edaran tersebut.

"Hari ini kita bersama Dinkes, melakukan sidak guna memastikan tidak ada lagi apotik ataupun rumah obat yang menjual obat-obat yang masuk ke dalam daftar larangan oleh Kemenkes," ujar Hendri.

Selanjutnya, kata Hendri, pihaknya berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait akan terus melakukan pemeriksaan terhadap apotik/rumah obat, guna mencegah terjadinya kasus ginjal akut terhadap anak-anak di Kota Padang

Salah seorang petugas apotik menjelaskan, sebelum adanya kasus gagal ginjal akut, pihaknya memang menjual obat-obat sirup yang dimaksud.

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

"Sejak adanya edaran Kemenkes, obat-obat tersebut sudah kita kembalikan ataupun ditarik oleh distributor/ pemasoknya," terangnya. (vri)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: