Seminar Kebangsaan di UMNatsir Yarsi, Kualitas Literasi Mahasiswa jadi Sorotan

Kamis, 27 Oktober 2022, 04:46 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Seminar Kebangsaan di UMNatsir Yarsi, Kualitas Literasi Mahasiswa jadi Sorotan
Akademisi Unand, Dr Hary Efendi Iskandar jadi narasumber seminar kebangsaan yang digelar Universitas Mohammad Natsir (UMNatsir) Yarsi Bukittinggi di kampus Belakang Balok, Rabu. (satria putra)

BUKITTINGGI (25/10/2022) - Gerakan kepemudaan Indonesia hari ini akan berdampak pada masa depan generasi yang akan datang.

Mahasiswa yang berwawasan luas dan memiliki kemampuan di bidang teknologi informasi diharapkan jadi generasi emas kedaulatan Indonesia.

Hal itu jadi topik diskusi yang mencuat dalam seminar kebangsaan yang digelar Universitas Mohammad Natsir (UMNatsir) Yarsi Bukittinggi di kampus Belakang Balok, Rabu.

Seminar itu juga jadi rangkaian pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik periode 2022-2023.

"Perubahan sektor publik pemerintahan, hari ini telah berubah polanya. Yaitu bagaimana hadirnya pelayanan publik yang partisipatif," kata Rektor UMNatsir Yarsi Bukittinggi, Afridian Wirahadi Ahmad.

Bonus demografi yang ditandai dengan besarnya angkatan muda Indonesia, kata Wirahadi, harus jadi keunggulan yang dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk menata masa depan bangsa.

"Terutama jika kelompok mahasiswa dapat bergerak dan bersinergi membuat perubahan yang lebih baik. Semoga dengan seminar kebangsaan ini, akan lahir tokoh penerus Mohammad Natsir baru."

"Nasib bangsa ke depan akan ditentukan dari gerakan kepemudaan hari ini," kata Afridian.

Seperti diketahui, UMNatsir Yarsi Bukittinggi dibawah kepemimpinan Afridian Wirahadi Ahmad, kini terus berbenah. Teranyar, kampus yang bekerjasama dengan pemerintah nagari di Sumbar itu, telah memasuki tahun kedua perkuliahan yang diikuti oleh perangkat nagari.

"Kerjasama itu kini sudah tahun kedua. Ada sekitar 190 mahasiswa dari kalangan perangkat nagari se-Sumatera Barat. Dengan sistem kelas hybrid, program studi yang diminati antara lain Ilmu Hukum, Akuntansi dan Administrasi Publik," jelasnya.

Narasumber seminar, Hary Efendi Iskandar dalam paparannya menyebut, tantangan pemuda hari ini memang semakin sulit.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: