Desa Antikorupsi 2022, KPK Nilai Nagari Kamang Hilia

Al Imran | Kamis, 27-10-2022 | 10:12 WIB | 198 klik | Kab. Agam
<p>Desa Antikorupsi 2022, KPK Nilai Nagari Kamang Hilia<p>

Bupati Agam, Andri Warman bersama Friesmount Wongso, perwakilan KPK yang melakukan penilaian Desa Antikorupsi, Rabu. (humas)

AGAM (26/10/2022) - Nagari Kamang Hilia, Kecamatan Kamang Magek, dinilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Rabu. Penilaian Desa Antikorupsi 2022. Penilaian ini dipusatkan di Kantor Camat Kamang Magek.

Nagari Kamang Hilia, merupakan satu-satunya perwakilan Provinsi Sumatera Barat dalam penilaian ini. Artinya, Nagari Kamang Hilia berpotensi akan jadi percontohan nagari antikorupsi di Sumatera Barat, jika menang dalam penilaian nanti.

Penilaian ini dilakukan, setelah beberapa tahapan bimbingan yang dilakukan beberapa kementerian. Kini kita lakukan monitoring, untuk mengevaluasi secara administratif. Bahkan, berkas Nagari Kamang Hilia terbanyak kita temui selama penilaian," ungkap Friesmount Wongso, perwakilan KPK yang melakukan penilaian, Rabu.


Namun, diharapkannya, berkas ini punya arti implementasi di tengah masyarakat, dalam menjadikan Kamang Hilia bebas dari korupsi.

Pembentukan percontohan desa atau nagari antikorupsi ini ada 5 indikator dan 18 sub indikator.

"Jika Kamang Hilia layak jadi percontohan desa atau nagari antikorupsi, tentu menjadi rujukan bagi daerah lain khususnya di Provinsi Sumatera Barat," sebutnya.

"Dari penilaian ini dapat mewujudkan Nagari Kamang Hilia yang profesional, transparan dan akuntabel. Berawal dari desa kita wujudkan Indonesia bebas korupsi," tukas Friesmount Wongso.

Sementara, Bupati Agam, Andri Warman saat menyambut rombongan KPK, mengaku bangga Nagari Kamang Hilia ditunjuk sebagai salah satu locus percontohan nagari antikorupsi.

"Terimakasih pada KPK yang telah lakukan bimbingan terhadap Nagari Kamang Hilia, dalam memenuhi indikator sebagai nagari antikorupsi," katanya.

Dia optimistis, Nagari Kamang Hilia peroleh hasil terbaik yang akan dijadikan sebagai desa atau nagari percontohan antikorupsi.

"Kita berharap peluncuran desa antikorupsi nanti dilaksanakan di Nagari Kamang Hilia," ucapnya.

Nagari Kamang Hilia ini diharapkannya, jadi contoh bagi nagari lain khususnya di Kabupaten Agam, dalam memenuhi indikator nagari antikorupsi.

"Supaya dapat lahir nagari antikorupsi lain di Kabupaten Agam," tukasnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar