Menko Marves Puji Kota Padang, 130 Nelayan Sukses Tangkap 12 Ton Sampah dari Laut

Jumat, 28 Oktober 2022, 21:26 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Menko Marves Puji Kota Padang, 130 Nelayan Sukses Tangkap 12 Ton Sampah dari Laut
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menyerahkan penghargaan pada perwakilan nelayan pada kegiatan Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (Gernas BCL) di Padang, Kamis. (humas)

PADANG (27/10/2022) - Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (Gernas BCL) di Padang, berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 12 ton. Gerakan ini telah dimulai sejak awal Oktober 2022 lalu.

Sampah ini merupakan hasil 'tangkapan' 130 nelayan yang melaut. Meraka diminta untuk memungut sampah yang kemudian dihargai seharga ikan terendah, per kilogramnya. Ini berlangsung selama pelaksanaan Gernas BCL.

Banyaknya sampah yang terkumpul ini, mendapat apresiasi dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Hal itu disampaikan Luhut pada puncak acara Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut di Nusa Dua, Badung, Bali, yang diikuti Wakil Gubernur bersama nelayan dan pelajar secara virtual dari Padang, Kamis.

"Kota Padang adalah salah satu kota terbaik dalam pelaksanaan BCL," katanya.

Baca juga: Kakanwil Kemenkum HAM Sumbar Silaturahmi dengan Gubernur dan Wagub, Ini Harapan Mahyeldi

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan, Kota Padang yang jadi salah satu pengumpul sampah terbanyak selama Gernas BCL 2022, membuktikan kepedulian dan kesadaran tinggi nelayan Sumatera Barat akan kelestarian lingkungan.

"Dengan adanya kelompok nelayan yang sadar lingkungan di Sumbar ini tentu sangat membantu kebersihan laut kita. Nelayan tolong ingatkan masyarakat sekitar mengenai kebersihan laut dan sungai," ujarnya mengapresiasi nelayan.

Tak hanya nelayan, Audy juga mengapresiasi pembersihan sampah yang juga melibatkan TNI Angkatan Laut, serta pelajar SMA/SMK se-Kota Padang itu. Ia sangat berharap agar kolaborasi kecintaan laut ini tidak berhenti pada Gernas BCL saja.

Oleh karenanya, pada kesempatan yang sama, Audy mengukuhkan Kelompok Siswa Peduli Lingkungan Bersih (KSPLB) Kota Padang, yang nantinya bersama-sama nelayan akan turut menjaga serta mengkampanye kebersihan laut dan sungai.

Baca juga: Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat ala Pemprov Sumbar Patut Dikembangkan

Selain itu, menurut Audy, Kebersihan laut Sumatera Barat memang bukanlah isapan jempol belaka. hal ini terbukti dengan masih banyaknya lumba-lumba maupun penyu yang dapat ditemukan berenang bebas di perairan Sumatera Barat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: